Gubernur Bengkulu Beberkan Rencana Pembangunan Tol Sesi II dan Danau Dendam

Gubernur Bengkulu saat menghadiri paripurna HUT ke 54 Bengkulu. MC

BENGKULU – Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah menyampaikan beberapa upaya Pemerintah Provinsi untuk mendorong kelanjutan pembangunan jalan Tol Bengkulu – Lubuk Linggau. Ini disampaikan gubernur dalam rapat Paripurna Istimewa HUT ke-54 Bengkulu di gedung DPRD, Jumat (18/11/2022).

“Saat ini jalur tol seksi I sudah rampung, sepanjang 17,6 KM dan dalam waktu dekat akan diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo. Kita berharap kelanjutan pembangunan untuk seksi II dan III dapat segera terlaksana sehingga Bengkulu menjadi daerah strategis baru,” ujar Gubernur.

Selain melanjutkan pembangunan tol, gubernur juga menjabarkan program prioritas lain seperti pembangunan infrastruktur kawasan Enggano berupa jalan sepanjang 32,80 KM dan 7 Jembatan dengan total anggaran sebesar 182,5 miliar.

“Enggano memiliki pesona pariwisata yang sangat eksotis. Untuk itu perlu didukung dengan hadirnya infrastruktur yang bagus dan sekarang progres pembangunannya sedang digenjot,” katanya.

Tidak hanya itu, proses penataan Danau Dendam Tak Sudah (DDTS) juga dimulai tahun ini. Proses berupa pembebasan lahan melalui APBD ini akan menelan anggaran sebesar 21 miliar. Kawasan DDTS rencananya akan dilengkapi dengan flyover dan jogging track.

“Kemudian, untuk DDTS tahun ini dimulai tahapannya. Nantinya akan dibangun berupa jalan flyover dan jogging track termasuk parkir di taman wisata yang akan dibiayai dari dana APBN,” jelas Gubernur.

Terakhir, pembukaan konektivitas Provinsi Bengkulu dengan Provinsi tetangga di antaranya Padang Capo Seluma – Empat Lawang Sumsel hampir rampung, berkat kerjasama dengan TNI AD melalui program karya bhakti. Selanjutnya, ruas Muara Sahung Kaur hingga OKU Selatan sudah tuntas tinggal menyambung dari Provinsi Sumatera Selatan.

“Terbangunnya konektivitas sangat penting bagi daerah yang sedang berkembang, sehingga memudahkan masyarakat mengangkut hasil bumi dengan keterbukaan akses ini. Untuk itu, kita terus mengupayakan jalur penghubung Mukomuko – Kerinci dan Lebong – Merangin dapat segera terwujud,” pungkas Gubernur.

Baca Juga
Tunjukkan Komen (1)