Gempa 4,9 SR Guncang Mukomuko

MUKOMUKO, bengkulunews.co.id – Gempa tektonik berkekuatan 4,9 SR mengguncang Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu, Sabtu (30/12/2017).

Gempa yang berada di laut pada koordinat 2,9 Lintang Selatan (LS) dan 100.87 Bujur Timur (BT), terjadi sekira pukul 02.14 WIB, yang berada di 68 kilometer (KM) Barat Daya Kabupaten Mukomuko, dengan kedalaman hiposenter 56 km.

Gempa itu dirasakan masyarakat di Kabupaten Mukomuko, Kota Bengkulu. Kemudian, Kota Padang, Sumatera Barat dan Painan, Sumatera Barat, berkisar II Skala Intensitas Gempabumi BMKG (SIG-BMKG) atau sekitar III Skala MMI.

Hingga saat ini, kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kepahiang Bengkulu, Litman, belum ada laporan mengenai kerusakan sebagai akibat dampak gempabumi.

Gempabumi di barat daya Mukomuko, sampai Litman, merupakan jenis gempabumi tektonik hiposenter dangkal. Berdasarkan catatan BMKG Padang Panjang, daerah Mukomuko pada Jumat 2 Juni 2016, mengalami gempabumi kuat dengan magnitudo 6,5 SR.

Goncangan gempabumi tersebut, dirasakan kuat di beberapa daerah. Seperti Painan, Mukomuko, Padang hingga ke Kota Pekanbaru-Riau.

Hingga laporan disusun pada pukul 03.01 WIB, lanjut Litman, terjadi 1 aktivitas gempabumi susulan sekira pukul 02.35 WIB dengan magnitudo 3.5 SR.

”Masyarakat diimbau agar tetap tenang, dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG,” sampai Litman.

”Khusus masyarakat di daerah Pesisir Selatan dan Mukomuko diimbau agar tidak terpancing isu karena gempabumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” demikian Litman.

Baca Juga
Tinggalkan komen