Logo
Dempo Xler

Fakta-fakta Indahnya Pulau Enggano Provinsi Bengkulu

Plt Sekda Provinsi Bengkulu disambut Tari Perang Oleh Masyarakat Enggano. Foto MC Pemprov Bengkulu

Plt Sekda Provinsi Bengkulu disambut Tari Perang Oleh Masyarakat Enggano. Foto MC Pemprov Bengkulu

BENGKULU – Enggano merupakan salah satu pulau terluar Indonesia bagian Barat yang terletak di Samudera Hindia. Walaupun berada di luar Indonesia, Pulau Enggano menjadi kebanggan bagi Provinsi Bengkulu karena keindahan alamnya.

Pulau ini memiliki keindahan alam yang masih asri dan belum banyak terjamah, sehingga banyak tempat menarik bisa dikunjungi salah satunya adalah Pantai Koomang. Pantai ini merupakan destinasi wisata terkenal yang terletak di ujung utara pesisir Pulau Enggano.

Pantai ini memiliki batuan dan karang yang membentuk tebing-tebing terjal, serta terdapat sebuah gua unik. Dalam gua tersebut memiliki laguna berupa kolam kecil dengan air jernih yang bisa dimanfaatkan untuk berendam, berenang maupun membersihkan diri.

Selain kaya akan keindahan alam pulau yang memiliki luas wilayah 400,6 kilometer persegi berada pada koordinat 05°.23’21” lintang Selatan, 102° 24’40” bujur Timur ini juga masih memegang adat istiadat yang kuat. Karena penduduk yang mendiami Enggano terdiri dari lima suku, yakni Suku Kauno, Suku Kaahoa, Suku Kaharuba, Suku Kaitaro dan Suku Kaharubi.

Masyarakat di pulau enggano merupakan kelompok ras Wddoid yang terdiri dari orang Sakai Riau, Kubu di Sumatera Selatan dan Jambi. Orang Tomuna di pulau Muna, orang enggano dan Mentawai, dengan jumlah penduduk kurang lebih empat ribu jiwa 2022.

Selain itu Enggano rupanya merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Bengkulu Utara dan memiliki pusat pemerintahan yang berada di desa Apoho. Terdiri dari enam desa yakni Banjarsari, Meok, Apoho, Malakoni, Kaana, dan Kahyapu. Jika ingin mengunjungi pulai ini anda harus menempuh berjalanan selama 12 jam menggunakan kapal dari atau pesawat dengan memakan waktu 45 menit dari Kota Bengkulu.

Pulau Enggano juga memiliki sebuah tarian kebesaran atau disebut tarian perang, dipertunjukkan ketika ada pesta adat, pengukuhan maupun penyambutan para petinggi yang datang ke pulau tersebut. Tari ini sendiri mengisahkan pertempuran di Enggano oleh ke enam suku dalam memperebutkan wilayah kekuasaan dan berakhir dengan perdamaian.

Pulau Enggano sendiri merupakan salah satu surga tersembunyi yang ada di Indonesia dan kebanggan Provinsi Bengkulu, sayangnya masih sedikit masyarakat tahu mengenai pulau ini. Air laut yang jernih dan alam yang masih belum banyak terjamah menjadi tempat pelepas lelah disaat liburan. Mata dan tubuh anda akan dimanjakan dengan keindahan alam yang tidak habis-habisnya, bagaimana apakah anda berminat berwisata kepulau ini?