Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Empat Jenis Usaha Kecil yang Bisa Dijalankan Warga Pesisir Pantai

Pantai merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi pelancong, saat musim liburan tiba. Wisatawan akan disuguhkan oleh pemandangan air laut yang indah, ditemani dengan pasir pantai untuk anak bermain.

Selain menguntungkan pengunjung dengan menghadirkan keindahan alam, warga yang tinggal di sekitar pesisir pantai juga ikut merasakan keuntungan secara finansial.

Berbagai usaha dijalani oleh warga sekitar untuk menjamu para pelancong yang berdatangan, mulai dari bisnis kuliner, oleh-oleh dan hal lainnya. Bisnis yang dijalankanpun minim modal, namun memiliki keuntungan cukup besar.

Lantas apa saja usaha tersebut? mari simak bersama :

  1. Jasa Toilet atau Kamar Mandi Umum

Walau dijadikan tempat wisata oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri, fasilitas umum yang seharusnya ada kadang tidak mencukupi. Salah satu fasilitas yang jarang ditemui adalah kamar mandi umum atau kamar ganti. Bahkan jika adapun, kondisinya sudah tidak terawat atau kotor.

Padahal kamar mandi sangat dibutuhkan oleh wisatawan saat ingin berganti pakaian yang basah atau sekedar membuang air kecil. Oleh karena itu usaha jasa kamar mandi sangat menguntungkan bagi warga yang tinggal di sekitaran pantai, anda dapat mematok harga Rp2 ribu per orang. Sehingga dari uang tersebut anda juga memberikan fasilitas kamar mandi yang bersih dan nyaman bagi pengunjung.

  1. Jasa Sewa Payung dan Tikar

Menikmati liburan di Pantai bersama keluarga merupakan hal yang menyenangkan, bisa bermain dengan ombak laut dan menikmati matahari terbenam meninggalkan kenangan tersendiri. Terlebih bisa menikmati makan bersama di pinggir pantai bersama keluarga adalah hal yang paling ditunggu, namun sayangnya terlalu repot bagi para wisatawan jika membawa berbagai peralatan seperti tikar pantai untuk berjemur dan bersantai. Belum lagi jika matahari bersinar terik dan tidak membawa payung.

Hal tersebut bisa menjadi peluang bagi para warga pesisir pantai, dalam mengais rezeki. Warga bisa saja membuat jasa sewa payung maupun tikar pantai untuk para wisatawan yang datang dan ingin berjemur. Tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi para warga, selain bisa menikmati pemandangan laut yang indah mereka juga bisa menghasilkan uang.

  1. Menjual Kuliner Khas Laut

Selain jasa penyewaan, hal lain yang dicari para wisatawan adalah kuliner khas laut. Pastinya setelah lelah bermain dengan air laut, pengunjung akan merasa lapar dan ingin menyicipi kuliner khas laut seperti es kelapa, kepiting sause dan makanan laut lainnya. Anda bisa membuka usaha kuliner dengan menu utama es kelapa muda, jagung bakar serta ikan laut, maupun menyediakan makanan instan lain.

  1. Menjual Cendera Mata atau Oleh-oleh Khas Pantai

Usaha selanjutnya yang dapat dijalankan oleh para warga pesisir pantai adalah menjual cendera mata atau oleh-oleh khas pantai. Tentunya usaha ini merupakan peluang besar, terlebih jika produk yang dihasilkan menarik dan unik.

Produk yang dapat dijual berupa gantungan kunci, topi, gelang, kaos pantai dan masih banyak lagi.

Empat usaha inilah yang dapat dijalankan bagi warga pesisir pantai, dengan modal tidak terlalu ebsar namun keuntungannya bisa dijamin.

Video

Home
Baca Juga
Tinggalkan komen