Empat Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Menghadapi Resesi 2023

Ilustrasi Ekonomi Mikro

Resesi merupakan kondisi ekonomi yang pertumbuhan produk domestik brutonya mengalami penurunan selama dua kuartal berturut-turut dalam satu tahun. Resesi ditandai dengan melemahnya perekonomian secara global dan akan mempengaruhi domestiknegara diseluruh dunia.

Lalu bagaimana cara kita untuk menghadapi Resesi? Berikut langkah-langkah yang dapat anda lakukan:

1. Mengurangi Pengeluaran Yang Tidak Penting

Jika saat ini anda masih membeli barang-barang yang tidak penting, bahkan berbelanja makanan secara berlebihan cobalah untuk mengurangi pengeluaran tersebut. Stop membeli baju ataupun barang-barang yang tidak anda perlukan, sehingga uang tersebut dapat anda tabung. Selain itu anda juga bisa menghitung pendapatan dan pengeluaran setiap bulannya, pastikan anda dapat menyisihkan uang untuk ditabung.

2. Mencari Penghasilan Tambahan Selain Dari Gaji Pokok

Jika saat ini anda memiliki gaji pokok yang cair sebulan sekali, cobalah untuk mencari penghasilan tambahan. Seperti berjualan makanan atau baju bekas yang saat ini sedang trend, dari sana anda akan mendapatkan untung untuk bisa ditabung.

3. Mulai Berinvestasi

Cobalah memulai investasi selain menabung, karena berinvestasi akan membantu anda dalam menghadapi resesi. Anda dapat memulai investasi emas, karena memiliki nilai yang baik. Emas masih dapat menarik investor selama masa baik ataupun buruk, karena daya tarik gandanya sebagai barang mewah. Investasi lainnya juga dapat berupa saham dan logam mulia.

4. Melunasi Hutang

Melunasi hutang adalah hal terpenting, ada baiknya untuk segera fokus melunasi hutang yang memiliki bunga tinggi. Perlu diingat bahwa anda harus terlebih dahulu melunasi hutang dengan tanggungan bunga tinggi sebelum nantinya berinvestasi.

Itu dia hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum menghadapi resesi, semoga bermanfaat.

Baca Juga
Tinggalkan komen