Logo

Akibat Ada Warga Digigit Anjing Gila, Disnak Keswan Provinsi Adakan Vaksin Rabies Massal

oppo_0

oppo_0

BENGKULU – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu mengadakan vaksinasi massal secara gratis terhadap hewan peliharaan kucing dan anjing untuk mencegah rabies.

Kegiatan itu dilakukan terhadap warga yang memiliki hewan peliharaan di jalan Merpati 18, Kelurahan Rawa Makmur Permai, Kecamatan Muara Bangkahulu, Kota Bengkulu, Kamis (13/06/2024).

Hal tersebut sebagai bentuk respon Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu terhadap warga yang mengadukan bahwa ada seseorang yang terkena gigitan anjing gila.

“Ya kita merespon laporan masyarakat bahwa di Kelurahan Rawa Makmur Permai ini ada warga yang terkena gigitan anjing yang terjadi secara beruntun beberapa waktu yang lalu,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu, M Syarkawi.

Saat ini, lanjut M Syarkawi, anjing gila tersebut sudah ditangkap dan ditangani oleh warga. Untuk mengantisipasi kejadian serupa, seluruh warga yang memiliki hewan peliharaan baik kucing maupun anjing diminta untuk melakukan vaksin rabies yang diadakan Dinas Peternakan dan Keswan Provinsi Bengkulu.

Sementara itu, M Syarkawi menyebut pihaknya menyediakan sebanyak seribu dosis vaksin untuk warga. Selain dosis vaksin, mereka juga memberikan dispektan untuk pembersih kandang hewan.

“Kita menyediakan seribu dosis. Untuk hari ini kami lakukan disini, kemungkinan besok kami juga melakukan hal yang sama di sekitar kelurahan ini,” tandasnya.