Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Dinsos Kota Komentari Penyebab Banjir di Bengkulu

KADIS DINAS SOSIAL KOTA BENGKULU SAHAT M SITUMORANG FOTO/BN

BENGKULU – Dinas Sosial Kota Bengkulu menemukan beberapa penyebab banjir di wilayah Kota Bengkulu. Kepala Dinas Sosial Kota Bengkulu Sahat Marulitua Situmorang mengatakan bencana banjir itu terjadi karena adanya lingkungan yang tidak bersih. Pihaknya juga merspon hal itu dengan menyiagakan Tagana pada tiap posko kesiap siagaan.

“Dalam asesmen yang kami lakukan, kami temukan sebenarnya permasalahanya adalah lingkungan yang tidak bersih, siring-siring kita itu banyak ditemukan sampah apalagi habis kegiatan contohnya pasar malam apa lagi pesta mungkin dibuang disitu,” kata Sahat pada bengkulunews.co.id, Senin (05/02/2024)

Sahat juga menambahkan bahwa siring air di beberapa wilayah seperti Rawa Makmur Permai, Suka Merindu perlu untuk dilakukan pembugaran lagi atau pengadaan waduk.

“Ini yang perlu kita lihat contohnya di Rawa Makmur Permai ada siring yang perlu dibenahi, kemudian untuk kelurahan suka merindu mungkin ada solusi disana mau dibuat waduk, kemudian ada usulan juga disana kalo bisa ada pengerukan sungai muara bangkahulu jadi kalo itu dikeruk mudah-mudahan air kan lancar,” terang Sahat

Situasi bencana banjir ini juga direspon oleh Dinsos Kota Bengklu dengan menyiagakan Taruna Siaga Bencana (Tagana) di tiap posko kesiapsiagaan Tagana.

“Tugas dinas sosial mengerahkan tagana melalui posko kesiap siagaan tagana yang di dinas sosial untuk merespon berbagai laporan dari masyarakat kota yang terdampak banjir ataupun informasi yang lain,” sambunya.

Dalam laporan warga yang mereka terima, Sahat mengatakan bahwa pihaknya mengidentifikasi laporan itu untuk dapat dilakukan tindakan lebih lanjut nantinya.

“Memang beberapa titik ditemukan menurut laporan warga kita lihat apa yang menjadi permasalahanya yang kedua apa perlu pengungsian selanjutnya resiko apa yang paling mungkin terjadi itu yang akan kita kurangi,” tutupnya

Baca Juga
Tinggalkan komen