Logo

Dewan Provinsi Bengkulu Tanya Kejelasan Besaran Penyerapan Anggaran

Edison Simbolon

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu meminta kejelasan kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu terkait besaran penyerapan anggaran pada lelang di Pemerintah Provinsi Bengkulu. Karena hingga April 2017 ini belum diketahui berapa besaran anggaran yang sudah diserap untuk proyek lelang dimasing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Provinsi Bengkulu.

Seharusnya pada April ini sudah diadakan rapat internal di masing-masing OPD dan sudah diketahui sejauh mana serapan anggaran yang sudah digunakan.

“Karena setiap OPD harus melaporkan kepada kepala daerah, sudah sejauh mana anggaran tersebut digunakan,” ungkap Wakil Ketua I DPRD Provinsi Bengkulu, Edison Simbolon saat ditemui di ruang kantornya, Rabu siang (19/4/2017).

Ia menilai kemungkinan ada anggaran yang tidak dapat dikucurkan dalam beberapa proyek lelang, mungkin karena masalah pembebasan lahan tidak selesai atau terdapat benturan di lapangan seperti diakibatkan oleh kondisi alam yang tidak mendukung.

“Apabila ada anggaran yang tidak dapat diluncurkan maka bisa dilaporkan kepada gubernur, agar cepat ditanggapi,” jelasnya.

Hal ini dilakukan sebagai bagian dari evaluasi dalam penyerapan anggaran. Kalau dalam penyerapan anggaran masih terjadi.

Sisa lebih pembiayaan anggaran tahun berjalan (silpa) maka pada anggaran perubahan bisa dilakukan perubahan-perubahan.

“Kalau ada silpa maka bisa kita ajukan pada anggaran perubahan nantinya,” terangnya.

Tujuan dari dewan menyelesaikan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tepat pada waktunya adalah agar proses lelang tender tidak melebih waktu yang direncanakan karena kalau sudah sampai September hingga Oktober kondisi alam sudah tidak bersahabat apalagi infrastruktur sangat dipengaruhi oleh cuaca.

“Jangan sampai pembangunan infrastruktur pada musim hujan,” jelasnya.

Ia berharap Pemerintah Provinsi Bengkulu agar semua rencana yang telah ditetapkan dan sesuai dengan anggaran yang direalisasikan maka harusnya bisa selesai tepat waktu.

“Kami berharap kepada eksekutif semua program pembangunan dapat berjalan sesuai dengan rencana,” tutup mantan Wakil Wali Kota Bengkulu ini.