Daftar PSE yang Diblokir Kominfo, Ada Dota dan Counter Strike

game eSports, Counter-Strike: Global Offensive (CS:GO). Indosport.com

JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mencatat, hingga 29 Juli 2022 pukul 10.00 WIB, sebanyak 5.394 Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) telah mendaftarkan 8.962 Sistem Elektronik (SE), yang terdiri atas 8.680 SE Domestik dan 282 SE Asing.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kominfo Semuel A Pangerapan dalam Media Gathering dalam Rangka Literasi Digital dan Membuat Ruang Digital Kondusif mengatakan, hingga saat ini masih terdapat ratusan atau bahkan ribuan SE terpopuler dengan kategori wajib daftar yang belum melakukan pendaftaran.

SE yang belum mendaftar tersebut antara, Paypal, Yahoo, Steam (game), Dota (game), CS Go (game), Epic Game (game), dan Origin (game).

“Kementerian Kominfo akan mengenakan sanksi berupa pemutusan akses sementara kepada sepuluh SE tersebut apabila tidak melakukan pendaftaran sampai dengan 29 Juli 2022 Pkl 23.59 WIB. Pemutusan akses tersebut telah didahului sebelumnya dengan koordinasi kepada Kementerian/Lembaga terkait yang mengawasi kegiatan SE terkait,” tegasnya.

Menurur Dirjen Semuel, pemutusan akses tersebut dilakukan sesuai dengan pengamatan Direktorat Pengendalian Aplikasi dan Informatika Kominfo terhadap 100 Sistem Elektronik dengan trafik tertinggi yang belum melakukan pendaftaran.

Pemutusan akses terhadap Sistem Elektronik lain akan dilakukan secara gradual dan berkala sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, tetapi tidak bersifat permanen.

“Kementerian Kominfo dapat kembali membuka akses sistem elektronik atau melakukan normalisasi setelah PSE terkait menyelesaikan proses pendaftaran Sistem Elektronik dan mengirimkan informasi Tanda Daftar PSE melalui email: [email protected],” imbuhnya.

Baca Juga
Tinggalkan komen