Logo

Curah Hujan Tinggi, Dinkes Provinsi Bengkulu Antisipasi DBD

Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu, drg. Edriwan Mansyur

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Kondisi cuaca yang terus diguyur hujan, membuat masyarakat khawatir terjangkit Demam Malaria Dengue (DBD). Namun demikian, Dinas Kesehatan (Dinkes) provinsi Bengkulu justru sudah lebih dulu mengantisipasinya.

Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes provinsi Bengkulu, drg. Edriwan Mansyur, saat ditemui dikantornya, pada Kamis (2/2/2017).

Dikatakannya, Dinkes melakukan antisipasi dini, dengan gencar melakukan fogging, bahkan memantau tempat-tempat yang terindikasi banyak nyamuk malaria.

“Kami memang terus melakukan fogging, agar masyarakat tidak terlalu khawatir dengan kondisi cuaca saat ini yang bisa menimbulkan penyakit DBD,” lanjutnya.

Sementara itu, sebanyak 20 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kota Bengkulu juga fokus melakukan foging.

“Sebagai bentuk keseriusan, jika sudah dilakukan fogging di daerah tersebut, Puskesmas wajib memasang stiker sebagai tanda sudah di fogging dan juga dinyatakan bebas dari risiko DBD,” ungkapnya.

Terakahir ia menegaskan, masyarakat tetap melakukan 3M yakni, menguras, menutup dan mengubur untuk mengurangi resiko terjangkitnya DBD.

“Kami menargetkan tahun ini sebanyak 5 ribu stiker terpasang di setiap rumah warga setelah dilakukan fogging,” pungkasnya. (Niko)