Cara Tradisional Menurun Demam pada Anak

Penulis : Cindy

Ilustrasi. Dok,BN

Setelah banyaknya kasus gagal ginjal akut yang dialami oleh anak dan penyebabnya diduga dari obat-obatan sirup, tentunya para orangtua akan kewalahan untuk mengatasi demam pada anak.

Jangan panik karena masih ada beberapa alternatif yang membantu orangtua dalam menurunkan demam pada anak, simak beberapa cara berikut :

1. Kompres Menggunakan Air Hangat atau Plester Penurun Panas

Kompres menggunakan air hangat dapat membantu menurunkan demam pada anak, ketika badan diberikan kompres maka hipotalamus di otak akan menganggap area tersebut terasa “panas”. Dengan demikian hipotalamus akan merespons dan menurunkan suhu tubuh sehingga lebih “dingin”.

Biasanya bagian yang diberi kompres adalah dahi, lipatan ketiak, maupun dada. Selain itu anda dapat menurunkan demam anak menggunakan plester penurun panas yang dijual di minimarket.

2. Membalurkan Tubuh Anak Menggunakan Bawang Dan Minyak Telon

Cara satu ini biasanya dilakukan sudah dari dulu oleh orangtua, kok bisa ya? Dikarenakan bawang merah mengandung organosulfur.

Organosulfus memiliki sifat anti jamur, anti bakteri dan juga anti virus. Nah kandungan lainnya juga yang ada pada bawang merah dapat menjaga Kesehatan tubuh, seperti zink, magnesium, folat, zat besi serta fosforbawang merah sudah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional saat anak demam, flu, batuk dan pilek.

Caranya cukup mudah anda bisa langsung mengoleskan bawang merah pada tubuh anak, atau cincang terlebih dahulu bawang merah dan campurkan dengan minyak telon. Oleskan pada bagian dada, telapak kaki dan punggung.

3. Berikan Air Madu Dengan Campuran Lemon Atau Jahe

Lemon yang mengandung vitamin C dapat membantu memperkuat imunitas pada anak, sedangkan jahe dipercaya sebagai cara alami menurunkan demam pada anak karena mampu membunuh bakteri.

Anda juga dapat menambahkan madu yang kaya akan nutrisi, agar tubuh anak mampu melawan bakteri dan virus penyebab demam. Caranya anda dapat menyeduh satu sendok madu dicapur dengan satu sendok perasan air lemon dan sebaliknya menggunakan jahe, yakni satu sendok madu dan irisan jahe.

Jahe juga dapat dapat dijadikan ramuan untuk mandi anak saat demam, caranya tuangakn dua sendok jahe bubuk di air mandi yang hangat aduk lalu biarkan anak mandi menggunakan air tersebut. Hal tersebut dilakuakn untuk memproduksi keringat, Berkeringat setelah mandi akan mengurangi panas tubuhnya dan mengeluarkan racun.

4. Banyak Meminum Air Putih

Saat badan anak panas maka akan banyak cairan yang terkuras, sehingga jika dibiarkan akan menyebabkan dehidrasi.

Karena itu orangtua harus selalu memberikan air minum yang cukup saat anak demam, serta dapat mengurangi kekurangan cairan pada tubuh.

Setelah melakukan cara diatas, orangtua hendaknya bijak. Jika telah melakukan hal tersebut anak masih dalam keadan demam, segera bawa anak ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Baca Juga
Tinggalkan komen