Cara Merawat Anjing Husky di Cuaca Tropis

Penulis : Cindy

Foto, Dok BN

Anjing Husky berasal dari Siberian, Rusia. Letaknya yang berdekatan dengan kutub membuat anjing dengan nama lain Chukcha ini, tumbuh dengan bulu tubuh lebat berfungsi untuk menghadapi suhu dingin ekstrem.

Pendekatan Husky dengan manusia dimulai setidaknya sejak 3000 tahun lalu, ketika para orang Chukchi suku semi nomaden Siberian memperluas wilayah buruan mereka. Dengan bantuan Siberian Husky, mereka terbantukan saat mengangkut beban atau menjalankan kereta luncur sebagai penarik.

Sejak saat itulah anjing jenis ini mulai dikembang biakkan hingga ke Indonesia. Ras anjing ini memiliki lapisan bulu ganda, pada lapisan bawah sangatlah tebal dan pendek yang membantu mereka mempertahankan panas tubuh.

Pada lapisan kedua, di bagian luar memiliki bulu panjang dan tahan air. Ekor Husky memiliki bulu panjang dan lebat, sehingga dapat dililitkan di wajah saat mereka tidur untuk mendapatkan kehangatan ekstra.

Husky terlahir dengan mata biru cerah, selain itu Heterochromia atau mata dengan dua warna berbeda, juga umum dialami Husky dan sering menghasilkan mata bewarna biru, emas, jingga ataupun cokelat.

Tinggi Husky berkisar 21 sampai 23,5 inci untuk jantan dan 20 sampai 22 inci pada betina. Sedangkan berat badannya dapat mencapai 45 sampai 60 pound (jantan) dan 35 sampai 50 pound (betina).

Bagi anda pemilik anjing Husky terutama di daerah tropis wajib memperhatikan hal-hal dibawah ini :

1. Memilih dan memberikan makanan yang berkualitas

Husky termasuk hewan yang mampu bertahan hidup dalam kondisi keterbatasan makanan. Dalam tahap ini ketikan mau memberikannya makanan, tentukan jenis yang sesuai dengan kebutuhannya.

Pilihlah makanan yang rendah kalori, sehingga anjing anda akan tumbuh sehat. Untuk jadwal pemberian makan cukup dilakukan satu sampai dua kali saja, pada Husky umur 3 sampai 4 bulan berikan 2 kali sehari saja.

Sedangkan untuk umur Husky di atas itu, dapat disesuaikan takarannya. Jangan berikan anjing Husky makanan yang dikonsumsi manusia, karena dapat mempengaruhi kesehatannya. Cukup berikan makanan khusus Anjing yang dapat ditemukan di Petshop.

2. Berikan Vaksin serta Vitamin

Kenapa harus memberikan Vaksin serta Vitamin pada Husky? Pemberian ini sebenarnya bertujuan untuk membuat bulu pada husky terhindar dari kutu yang mempengaruhi tunbuh kembangnya.

Karena jenisnya yang memiliki bulu lebat sehingga apabila tidak diperhatikan akan membuat kutunya semakin banyak, sedangkan pemberian vitamin akan membantu bulu dan tubuh anjing Husky tetap indah dan sehat.

3. Tempatkan di ruangan sejuk atau ber AC

Karena merupakan keturunan siberian yang kebal terhadap cuaca dingin, anjing Husky lebih menyukai ruangan sejuk.

Pastikan anda memiliki ruang yang sejuk atau ber-AC sebelum memelihara Husky, karena akan berdampak juga pada kesehatan bulunya. Apa lagi pada saat musin hujan sekarang ini, membuat suhu menjadi lebih dingin dari yang biasanya.

4. Menyisir dan menyikat bulu Husky

Jika sedang senggang anda dapat menyisir rambut Husky, tujuannya adalah agar bulu mati dapat terangkat.

Terlebih pada saat udara berangin dapat menyebabkan kondisi bulunya menjadi rontok selama 3 mingguan, sisir bulu husky setidaknya sekali seminggu. Walaupun cuaca panas anda tidak boleh mencukur bulu husky, karena bulunya tersebut dapat melindungi Husky dari radiasi sinar UV.

5. Cek dan gosok gigi Husky secara berkala

Kamu perlu menyikat gigi anjing Husky setidaknya 2 sampai 3 kali seminggu. Untuk jenis pasta gigi dapat kamu temukan di petshop terdekat rumah, tujuan menyikat gigi husky adalah untuk memberikan nafas segar dan menghindari terbentuknya kerak berlebih.

Sehingga apabila dibiarkan akan mempengaruhi pada aspek kesehatan. Jika kesulitan menggosok gigi di rumah anda, bawa saja Husky ke dokter hewan ataupun petshop.

6. Cek kandang dan ajak Husky bermain

Selain kondisi tubuh, periksa juga kandang Husky secara berkala. Jangan biarkan kotor, selain itu bawa husky sesekali berjalan-jalan. Jika dibiarkan terus di dalam kandang tentu tidak baik bagi Husky, karena sifatnya yang aktiv membuatnya harus memiliki sejumlah aktivitas.

Apa lagi saat weekend seperti ini, anda dapat membawanya berjalan-jalan ataupun bermain lempar bola dengannya. Sehingga dapat membuat husky menjadi senang dan merasa percaya diri serta dapat bersikap dengan baik.

Itu dia tips cara merawat anjing Husky, usahakan merawatnya dengan kasih sayang dan anggap mereka seperti bagian dari keluarga anda. Karena sejatinya anjing adalah hewan pintar dan setia.

Baca Juga
Tinggalkan komen