Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Cara Hilangkan Bau Ketek Secara Alami

Penulis : Cindy

ilustrasi

Hai hai Anda punya masalah pada bau badan? Bikin gak pede kalau lupa pakai deodorant?

Tenang jangan khawatir, ada cara untuk menghilangkan bau badan secara alami loh. Sebelum membahas pamgkah-langkahnya, Anda wajib tau apa penyebab bau badan.

Bau badan biasanya kekuar saat kita berkeringat, akan tetapi pada dasarnya keringat tidak menimbulkan bau loh.

Bau badan sendiri terjadi ketika bakteri dikulit berkembang biak dan memecah protein dalam keringat menjadi asam, selain itu bau badan terjadi karena dioenharuhi oleh perubahan hormon androgen didalam tubuh.

Penyebabnya bisa dari makanan, tingkatan stress, kebersihan dan lainnya. Nah selain menggunakan deodorant, ternyata ada cara alami untuk menghilangkan bau badan loh.

1. Baking Soda
Kandungan dalam Baking Soda mampu menetralkan pH kulit dan melawan bakteri. Selain itu Baking Soda dapat menyeimbangkan zat asam tang keluar dari keringat sehingga bau ketiak berkurang. Anda cukup melarutkan Baking Soda kedalam air, laku aplikasikan pada ketiak.

2. Teh Hijau
Selain untuk dikonsumsi, teh hijau juga dapat menghilangkan bau badan. Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang efektif mengatasi sumber masalah bau ketiak, Anda hanca mencelupkan teh hijau dalam air hangat. Setelah terserap tempelkan kantung teh hijau diketiak, tunggu beberapa menit lalu bilas.

3. Jeruk Nipis
Selain digunakan untuk dikonsumsi, jeruk nipis rupanya memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu menghilangkan bau badan. Caranya potong jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu peras jeruk nipis. Oleskan pada ketiak, diamkan selama lima belas menit laku bilas dengan air hangat.

4. Lidah Buaya
Lidah buaya biasanya digunakan untuk rambut, nanun siapa sangka dapat menghilangkan bau badan. Sama hak dengan jeruk nipis, lidah buaya merupakan sumber antioksidan dan antibakteri. Caranya aplikasikan langsung gel kidah buaya ke ketiak, diamkan semalaman saat pagi hari bilas dengan bersih.

5. Minyak Kelapa
Minyak kelapa mengandung asam lemak rantai yang sedang dan bermanfaat untuk menghilangkan bau badan atau melawan berbagai mikroba serta membunuh bakteri di ketiak. Caranya cukup mudah siapkan minyak kelapa, lalu aplikasikan langsung ke ketiak dengan menggunakan jari-jari Anda. Setelah itu diamkan hingga minyak kelapa menyerap dalam kulit. Lakukan langkah ini sebanyak satu sampai dua kali dalam sehati, setelah mandi untuk hasil yang optimal.

Selain cara diatas, Anda juga harus selalu menjaga kebersihan badan. Juga memperhatikan barang Anda, seperti handuk atau pakaian jangan sampai basah dan tidak diganti. Semoga bermanfaat, selamat mencoba.

Baca Juga
Tinggalkan komen