Bengkulu News #KitoNian

Butuh Promosi Maksimal Potensi Wisata di Bengkulu,

Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA Wakil Gubernur Bengkulu

bengkulunews.co.id – PROVINSI yang terletak di pesisir barat Pulau Sumatera ini miliki potensi wisata luar biasa. Wisata pantai dengan sejuta keunikan budaya serta kuliner terhampar dari Mukomuko hingga Kaur. Bunga Raflesia Arnoldi yang begitu populer, hingga menjadi logo ciri khas Bengkulu, tiap mekarnya selalu dinanti dan menjadi destinasi wisata alam tersendiri.

Tak hanya pulau tikus, provinsi yang berhadapan langsung dengan samudera hindia ini masih miliki pulau-pulau unik dengan sejuta pesona. Bahkan originalitas peninggalan sejarah masih terjaga elok, tentunya juga layak menjadi sebuah objek wisata yang memperkaya pesona Indonesia.

Pemimpin Bengkulu baru, Ridwan Mukti dan Rohidin Mersyah, tak mau membiarkan begitu saja potensi unggulan ini. Dikatakan oleh wakil gubernur, bahwa pihaknya saat ini juga tengah fokus menggali dan memaksimalkan potensi wisata di bumi Raflesia ini. Menurut Rohidin, masih begitu banyak potensi wisata yang saat ini belum tergarap maksimal.

“Kalo wisata Bengkulu, orang sebut pecahan surga. Keindahan alam dan budaya Bengkulu sangat layak menjadi tujuan wisata,” puji wagub yang juga dikenal sebagai motivator itu.

Bengkulu, lanjut Rohidin memiliki pulau-pulau yang sangat potensial menjadi tempat wisata. Meski saat ini baru beberapa pulau saja yang terkenal dan menjadi tujuan wisata, pihaknya akan berupaya memaksimalkan sehingga pulau-pulau indah itu bisa dikenal di Indonesia bahkan manca negara.

“Di Bengkulu ini ada Pulau Enggano, Pulau Tikus, Mega, Dua, Merbau, Biyak, dan semuanya sangat potensial,” kata Rohidin belum lama ini.

Guna mengoptimalkan potensi wisata tersebut, Wakil Gubernur mengungkapkan saat ini tengah lakukan konsolidasi dengan daerah, tujuannya yakni mengsingkronisasikan anggaran yang ada guna pemetaan potensi-potensi itu. Bahkan, tak menutup kemungkinan untuk membuka kesempatan pihak swasta guna mengelola obyek-obyek wisata.

“Dalam beberapa hari ini kita masih konsolidasi pemetaan potensi itu. Nanti kita akan coba sinkronkan dengan anggaran yang kita punya. Termasuk pihak terkait mana yang bisa diajak kerajsama untuk mempromote Bengkulu ini. Karena ada hal-hal yang tidak bisa di-handle oleh pemerintah, tapi diserahkan ke pihak-pihak lain yang kompeten,” jelasnya usai membahas finalisasi kegiatan sambut Gerhana Matahari Total 9 Maret di Bengkulu. (4/3)

Selain promosi maksimal agar potensi wisata Bengkulu lebih dikenal masyarakat dunia, Rohidin menambahkan, yang paling dibutuhkan untuk mengembangkan potensi wisata tersebut adalah sinergitas. Sinergitas yang dimaksud, antara pemerintah dan pelaku ekonomi. Bila sinergitas tersebut sudah terbangun maka bukan tidak mungkin wisatawan akan berdatangan ke Bengkulu, sehingga akan memberikan manfaat kesejahteraan untuk masyarakat provinsi Bengkulu.

“Ini yang betul-betul harus kita sinergitaskan,” tutup mantan wakil Bupati Bengkulu Selatan tersebut. (122)

Baca Juga
Tinggalkan komen