Logo

Buka Isolasi Bengkulu, RM: Beri Saya Waktu 3 Tahun

bengkulunews.co.id – Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti (RM) butuh waktu tiga tahun untuk meyakinkan pemerintah pusat guna melepaskan Provinsi Bengkulu dari provinsi yang terisolir.

Baginya, Bengkulu terisolasi dikarenakan banyak jalur yang menghubungkan antar daerah masih tertutup. Jika itu bisa dibuka RM meyakini Bengkulu akan menjadi kekuatan ekonomi regional baru.

“Beri saya tempo waktu 3 tahun untuk meyakinkan pemerintah pusat. InsyaAllah ini akan saya wujudkan di Bengkulu,” tegas RM.

Menurut RM, membuka lima jalur masuk yang menghubungkan Bengkulu dengan Provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Jambi, Sumatera Barat dan Bangka Belitung adalah salah satu cara yang tepat untuk mengejar ketertinggalan dan keterisoliran Bengkulu.

Sementara sekarang Bengkulu cuma punya tiga jalur penghubung antar provinsi. Rejang Lebong-Lubuklinggau, Kepahiang-Empat Lawang dan Bengkulu Selatan-Pagar Alam.

“Sumatera Selatan memiliki batubara 4,8 miliar metrik ton, tapi hanya mampu dieksploitasi sebanyak 24 juta per tahunnya. Ini karena hanya mengandalkan 2 akses saja,” kata RM.

RM percaya jika Bengkulu membangun banyak konektivitas antar provinsi, maka tidak ada lagi hambatan bagi Bengkulu menjadi provinsi maju. Untuk itu ia akan memperjuangkan hal ini ke pemerintah pusat.

Masih kata RM, Bengkulu mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional, jika Jalur Lintas Barat Bengkulu-Lampung dapat dilalui kontainer 40 feet, karena 525 KM-nya merupakan wilayah Provinsi Bengkulu.

Kemudian ditunjang dengan pengembangan jalur laut yang menghubungkan Bengkulu dengan Bangka Belitung. “Apabila terwujud, Bengkulu akan maju. Bahkan bisa saja meninggalkan provinsi tetangga,” ujar RM optimis. (126)