Logo

Beruang Madu Sebesar Anak Kerbau ‘Teror’ Warga Seluma


SELUMA, bengkulunews.co.id – Seekor beruang madu berhasil meloloskan diri dari perangkap yang dipasang BKSDA Seluma, setelah beberapa saat berhasil masuk jebakan yang dipasang petugas di Desa Padang Pelawi, Kecamatan Sukaraja.

Menurut Kades Padang Pelawi, Ridi Kismantoro, peristiwa itu terjadi pada Selasa (25/4/2017) sekira pukul 06.31 WIB, saat itu dirinya mendapat laporan dari warga, Yanto (34) dan langsung meluncur ke lokasi.

“Beruang yang berukuran sebesar anak kerbau tersebut pada awalnya masuk kerangkeng, tetapi panik dan menggoyang-goyangkan, sehingga terbuka kembali pintunya,” kata Ridi.

Pada kesempatan itu sebenarnya dua ekor sekaligus beruang muncul, tetapi hanya satu ekor yang masuk perangkap. Beberapa hari sebelumnya sempat mengitari kandang ayam petelur milik Yanto, sehingga penghuhi kandang menjadi gaduh dan beruang menjadi ketakutan sendiri.

Tetapi masih sempat memangsa ayam yang sedang mengeram diluar kandang dan memakanya dibawah kandang ayam petelur tersebut. Ridi menjelaskan, kondisi warga desa saat ini masih dilanda ketakutan akan bertemu dengan beruang. Tetapi juga tidak berani untuk menyakiti beruang terkait larangan pemerintah terhadap binatang itu.

“Menurut keterangan warga, diperkirakan ada empat ekor beruang tersebut berkeliaran di Desa Padang Pelawi,” tambah Ridi.

Petugas BKSDA Wilayah II Resort Sukaraja, Rusdan mengatakan, pihaknya sudah mendatangi lokasi itu, tetapi perangkap yang dipasang memang mengalami kerusakan dibagian pintu sehingga beruang dengan mudah berhasil meloloskan diri dengan memakan umpan yang sebelumnya dipasang.

Diperkirakan beruang akan kembali kedaerah itu karena dianggap masih tersedia makanan dan habitatnya sudah terganggu dengan banyaknya perambahan hutan yang dilakukan warga.

“Akan memindahkan perangkap tersebut tidak jauh dari lokasi yang pertama serta menambah satu perangkap lagi,” tutup Rusdan.