Logo

Bengkulu Sambut Pejuang di Hari Pahlawan

JAKARTA – Provinsi Bengkulu menjadi salah satu peserta dalam Karnaval Keprajuritan, dalam rangka memperingati Hari Pahlawan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Selasa (11/11/2018). Dalam gelaran ini, anjungan Provinsi Bengkulu menampilkan atraksi seolah penyambutan pahlawan yang pulang dari medan perang.

Penampilan anjungan Bengkulu

Penanggung Jawab Seni dan Budaya Anjungan Bengkulu, Ali Paseh mengatakan, penampilan yang diringi musik dol, pakaian adat serta tarian daerah khas Bumi Rafflesia ini sengaja dibuat dengan mengusung tema “Benteng York”. Alunan musik dan tarian sengaja diciptakan sesuai dengan cerita penyambutan pejuang.

Penampilan anjungan Bengkulu

“Kira-kira prajurit yang baru pulang dari medan perang. Koreonya kita bikin sendiri. Intinya para pejuang yang baru pulang dari medan perang disambut dengan cara khas Budaya Bengkulu,” katanya.

Penampilan anjungan Bengkulu

Ali menambahkan, arak-arakan ini juga diramaikan oleh warga Bengkulu yang tinggal di Jakarta. Sehingga penampilan dari Daerah Bengkulu terkesan ramai dan gemuruh. Dalam penampilanya, para pejuang ditunjukkan dengan pakaian cokelat dan diiringi oleh beberapa penari dan pemukul dol.

Penampilan anjungan Bengkulu

“Walaupun pakai penari temanya pahlawan, perkasa, ditambah lagi dol inikan simbol kita, simbol kemenangan. Disitu banyak yang hadir. Umumnya warga kita yang tinggal di Jakarta,” ujarnya.

Penampilan anjungan Bengkulu

Karnaval ini diikuti oleh 20 provinsi di Indonesia. Setiap daerah menampilkan seni budaya tersendiri dalam arak-arakan sejauh 3 Km. Provinsi Bengkulu berada di urutan ke 15 dalam pawai yang mengambil rute awal dari Tugu Api Pancasila TMII tersebut. Acara yang berlangsung satu hari ini dihadiri oleh beberapa pejabat DKI Jakarta dan undangan dari Kementerian Pertahanan RI. Adv

Penampilan anjungan Bengkulu

Penampilan anjungan Bengkulu