Logo

Begal Jalan Lintas Curup-Linggau Ditembak

Rejang Lebong – Pelaku pembegalan yang kerap beraksi di kawasan jalan lintas Curup-Lubuk Linggau, Supian alias Ayat (25 tahun) berhasil dibekuk anggota Polsek Padang Ulak Tanding (PUT) dan ditembak karena berusaha melawan, pada Selasa (27/8/19).

Kapolres Rejang Lebong AKBP Jeki Rahmat Mustika, SIK melalui Kapolsek PUT Iptu Apionsori dalam jumpa pers Rabu (28/8/19) mengatakan pelaku merupakan buronan yang terkenal licin.

“Sejak 2014 telah menjadi buronan atas kasus Curas. Selama ini sangat sulit menangkapnya karena lokasi persembunyiannya selalu berpindah. Kemarin ketika dapat informasi ada dirumahnya, langsung kita lakukan penangkapan,” tambahnya.

Dari penggerebegan tersebut tersangka berusaha melawan petugas dan kabur sehingga langsung diberikan hadiah timah panas di kakinya.

Saat digerebeg, tersangka sedang bersama dengan temannya Guntur (35) juga warga Simpang Beliti yang ternyata DPO Polres Empat Lawang dalam kasus Curas yang mengakibatkan korbannya meninggal dunia dan sudah diserahkan ke Polres Empat Lawang.

Menurut Apionsori, beberapa kasus kejahatan yang melibatkan tersangka diantaranya dilakukan pada Senin (12/8) pukul 12.00 Wib, di Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, Desa Kepala Curup, Kecamatan Binduriang, persis lokasinya didekat Heler Kopi, Dusun Gardu Desa Kepala Curup.

“Dari keterangan tersangka, ia mengaku hanya sekali melakukan curas dan 3 kali melakukan pemalakan terhadap mobil. Jadi modusnya kalau untuk motor dia pepet lalu diambil kuncinya. Sedangkan modus saat merampok mobil dia hentikan mobilnya, kemudian meminta uang, jika tidak diberikan seisi mobil dia kuras,” paparnya.

Dari penangkapan ini, kepolisian berhasil menemukan barang bukti dari rumah tersangka berupa tiga unit sepeda motor  Honda Revo hitam, satu unit Honda Supra hitam milik Supian dan satu unit Honda Beat Street hitam serta sebilah senjata tajam jenis pisau. Semua barang bukti tersebut merupakan sepeda motor hasil curian.

Sementara itu dari pengakuan tersangka kepada ia sudah sering melakukan aksi kejahatan di jalan lintas Curup – Lubuklinggau.

“Kalau nodong biasonya aku kejar, terus aku pepet laju aku ambik kunci motornyo. Jadi siapo bae yang lewat pacak aku stop. Tapi kalau mobil cuma mobil diesel (truk,red) itulah yang aku palak,” tutup Ayat.

Reporter : Dedi Rasyid