Beberapa Hal yang Harus Disiapkan Jelang Acara Tahun Baru

Beberapa Hal yang Harus Disiapkan Jelang Acara Tahun Baru

Ilustrasi

Menjelang perayaan tahun baru tentunya setiap rumah menyiapkan berbagai persiapan untuk acara Barbeque atau bakar-bakar, bersama keluarga maupun teman.

Tentunya hal ini merupakan perayaan turun temurun yang wajib dilakukan, lantas dalam membuat acara bakar-bakar di rumah, apa saja ya yang harus disiapkan? Mari simak penjelasan berikut :

1. Daging

Persiapan pertama yang harus dilakukan adalah bahan untuk dibakar, seperti gading. Anda bisa juga mengganti ataupun menambahkan bahan lain seperti seafood, sosis, bakso, ikan maupun jagung.

Jika sudah menentukan bahan utamanya maka perhatikan kembali kualitasnya, agar saat dibakar bahan empuk dan segar. Anda bisa membeli bahan-bahan tersebut di pasar maupun di minimarket terdekat.

2. Bumbu Penyedap

Selain mempersiapkan bahan utama, bumbu penyedap juga sangat penting dalam kelancaran bakar-bakar jelang tahun baru.

Pada umumnya bumbu yang digunakan tidak terlalu sulit, seperti memasak yang dibutuhkan adalah merica, garam, lada juga kecap. Biasanya bumbu ini digunakan untuk membuat saus, sebelum membakar bahan utama.

3. Saus Tambahan

Dalam acara tahun baru jika tidak memiliki saus tambahan, rasanya tidak lengkap. Oleh karena itu, saus tambahan merupakan bahan yang harus dipersiapkan.

Biasanya untuk saus tambahan bisa anda beli di pasar, berbagai rasa kekinian mulai dari saus lada hitam, saus mushroom, saus teriyaki hingga saus bulgogi tersedia.

Sesuaikan saus tambahan dengan lidah masing-masing, sehingga momen bakar-bakar tahun baru terasa nikmat.

4. Alat Panggang dan Arang Kayu

Tidak kalah penting yang harus dipersiapkan adalah alat panggung untuk barbeque. Anda bisa menggunakan alat panggang anti lengket (hot plate) yang saat ini sedang trend, yakni Grill Pan ataupun alat panggang biasa.

Selain itu jangan lupa menyediakan arang kayu, untuk proses pembakaran. Pastikan melakukan prosesi bakar-bakar di luar ruangan, agar asap tidak memenuhi ruangan.

5. Jepitan Makanan dan Kuas

Selanjutnya adalah menyiapkan alat seperti jepitan dan kuas, untuk prosesi membakar. Jepitan sendiri berfungsi agar tangan tidak terkena alat panggang dan memudahkan membalikkan daging. Sedangkan kuas berguna untuk mengoleskan mentega maupun saus ke daging yang akan dibakar.

Penulis : Cindy

Baca Juga
Tinggalkan komen