Bengkulu News #KitoNian

Bawaslu Kaur: Jaga Pemilu dengan Pengawasan Partisipatif

sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif 2019 di gedung kuliner Kabupaten Kaur

KAUR – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kaur menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif 2019 di gedung kuliner Kabupaten Kaur, Senin (28/1). Sosialisasi bertema “Bersama Rakyat Awasi Pemilu dan Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu” ini menyasar siswa dan siswi, serta Organisasi Masyarakat (Ormas) Kabupaten Kaur.

Anggota Bawaslu Kaur, Oyon Jupra mengatakan, pengawasan partisipatif berisi komponen seperti menamati, mengkaji, memeriksa menilai dan menegakan intergritas.

“Partsipatif merupakan bentuk pengawasan yang tidak melakukan keberpihakan, menguntungkan atau merugikan peserta pemilu dan lain-lain,” kata Oyon.

Ditambahkan Oyon, pengawasan partisipatif dipandang perlu dilakukan. Hal ini berfungsi untuk meminimalisir kecurangan saat pemilihan umum berlangsung.

“Apabila kita tidak ada pengawasan maka banyak manipulasi suara yang terjadi dan juga bisa terjadinya politik uang (money politik) serta pemilu yang tidak ada aturan,” tambah Oyon.

Melalui sosialisasi, Bawaslu Kaur berharap dapat mengedukasi masyarakat untuk melaksanakan pemilu yang adil dan jujur atau partispatif.

“Mari kita bersama-sama mengawasi pemilu yang adil dan jujur pada pemilu di tahun ini 2019 nanti,” demikian Oyon.

Baca Juga
Tinggalkan komen