Apa Itu Milia? Ini Tips dan Cara Mengatasinya

Penulis : Cindy

Ilustrasi. Cindy/BN

Wajah merupakan aset setiap pribadi, jika ada yang tidak beres pada wajah maka Viewers tidak akan percaya diri tentunya. Salah satu masalah pada wajah yang banyak ditemukan adalah Milia, Milia adalah benjolan kecil berwarna putih yang umumnya tumbuh di bagian wajah, seperti hidung, pipi, dan di bawah mata. Milia bisa dialami oleh siapa saja, tetapi paling sering dialami oleh bayi yang baru lahir.

Milia umumnya tidak berbahaya dan tidak perlu diobati karena dapat hilang dengan sendirinya. Namun, pada beberapa kasus, milia dapat cukup mengganggu dan tidak bisa hilang dengan sendirinya. Pada kondisi tersebut perlu dilakukan tindakan untuk menghilangkannya.

Nah inilah beberaapa cara untuk menghilangkan Milia :

1. Gunakan Pembersih Khusus Area Mata

Salah satu cara menghilangkan milia paling adalah dengan membersihkan area mata secara menyeluruh, tidak cukup dengan facial wash dan micelar water ya Viewers. Gunakan juga pembersih khusus area mata yang lembut untuk mengangkat kotoran di sekitar mata, jangan lupa untuk membersihkan area bawah mata.

2. Lakukan Eksfoliasi Dengan Memilih Produk Yang Lembut

Eksfoliasi yang mengandung salicylic acid atau BHA dapat membantu menghilangkan Milia secara aman dan cepat, karena kandungan dalam Salicyclic acid bekerja di bawah lapisan teratas kulit dan larut di dalam minyak sehingga akan membantu mengeluarkan kotoran dari dalam milia. Jika Milia yang dimiliki banyak, Viewers banyak pada area mata pilihlah produk eksfoliator yang lembut agar tidak perih saat diaplikasikan pada wajah.

3. Menggunakan Produk Retinol

Setelah melakukan eksfoliasi Viewers dapat menggunakan juga produk yang mengandung turunan retinoid seperti retinol, retinaldehyde, adapalene, atau tretinoin. Retinoid ini bekerja di dalam kulit, mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit baru.

Jika diatas adalah cara untuk menghilangkan Milia, maka berikut adalah cara agar Viewers terhindar dari Milia :

1. Rutin membersihkan wajah
2. Menggunakan eye cream yang ringan
3. Gunakan sunscreen secara teratur
4. Bersihkan wajah dengan dengan benar

Nah itu cara-cara menghindari dan menghilangkan Milia, tentunyas emua kembali pada jenis kulit masing-masing individu. Milia juga ada yang berasal dari genetik atau keturunan, hal tersebut bisa saja dihilangkan namun sebaiknya Viewers berkonsultasi dengan dokter khusus agar wajah tetap aman dan tidak rusak. Sekian dari mimin, selamat hari minggu.

Baca Juga
Tinggalkan komen