Logo

Apa Fungsi Chip Semikonduktor Pada Sepeda Motor?

Chip Semikonduktor atau semikonduktor memiliki sifat sebagai isolator listrik (tidak dapat dilalui oleh arus listrik), akan tetapi pada temperatur dan keadaan tertentu semikonduktor dapat berfungsi sebagai konduktor (dapat dilalui arus listrik). Semikonduktor biasa dipakai sebagai penguat arus, penguat tegangan dan penguat daya.

Kepala Bagian Spare Part Astra Motor Bengkulu, Anton Pangalila mengatakan Honda sendiri menyematkan Chip Semikonduktor pada sepeda motor produksinya. Alasannya, jika sepeda motor tidak menggunakan Chip Semikonduktor maka motor tidak akan berjalan sempurna.

Chip ini dibentuk dari bahan utama yakni Integrated Circuit (IC), serta dipadukan oleh gallium arsenide, germanium, dan juga Silicone.Proses pembuatan komponen tersebut menggunakan tingkat ketelitian yang tinggi.

Sedangkan IC sendiri merupakan kumpulan dari komponen Elektronika Aktif yang terdiri dari gabungan jutaan komponen elektrik seperti Transistor, Dioda, Resistor dan Kapasitor yang diintegrasikan menjadi suatu rangkaian elektronika dalam sebuah kemasan kecil.

Pada sepeda motor Honda, IC digunakan dalam beberapa rangkaian elektronika yang rumit dan kompleks. Penggunaan IC, biasa terletak pada bagian komponen speedometer, ECM, rangkaian lampu LED, regulator, dan beberapa komponen sepeda motor lainnya.

Cip Semikonduktor dapat ditemukan pada motor Honda Matik, seperti Honda Beat hingga PCX 160.