Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

15 Juta Data Online Pengguna Bocor

Periksa dan Jaga Sumber Informasi Pribadimu dengan Firefox Monitor

ANEKA RAGAM, bengkulunews.co.id – Baru-baru ini muncul berita mengejutkan mengenai pelanggaran privasi. Unicorn startup Indonesia, Tokopedia, mengalami peretasan terhadap data internalnya oleh pihak tak dikenal dan mengakibatkan kebocoran data besar-besaran yang berdampak pada lebih dari 15 juta pengguna.

Database online yang berisi total lebih dari 91 juta identitas pengguna saat ini dilaporkan telah dijual di dark web seharga 5.000 dollar AS (74,6 juta rupiah) oleh seorang anggota forum pertukaran data, Raid Forums. Kejadian ini menyebabkan kekhawatiran di antara pengguna, mengingat Tokopedia merupakan salah satu e-commerce terbesar di Indonesia.

Kejadian tersebut juga dikenal sebagai kebocoran data (data breach). Kebocoran data pada sebuah situs web terjadi ketika penjahat siber mencuri, menyalin, atau membongkar informasi pribadi dari akun online. Hal ini biasanya disebabkan oleh para peretas yang menemukan celah dari keamanan situs web.

Kebocoran data biasanya berisi alamat surel dan kata sandi. Lebih buruk lagi, informasi yang lebih sensitif seperti nomor kartu kredit, nomor paspor, dan data pribadi lainnya juga dapat terekspos.

β€œMozilla selalu berkomitmen untuk membangun perlindungan guna menjaga keamanan pengguna di Internet. Karenanya, kami secara terus menerus mengeluarkan fitur baru untuk melengkapi produk-produk kami. Hal ini dilakukan untuk membantu pengguna kami mencegah berbagai ancaman di Internet,” ujar Stan Leong, VP and General Manager of Emerging Markets, Mozilla.

Stan mengatakan Firefox Monitor adalah salah satu solusi yang mendukung pengguna untuk melawan kebocoran data dengan mengirimkan pemberitahuan jika mereka mengunjungi situs web yang pernah bocor.

Selain itu, pengguna dapat belajar mengenai langkah apa yang harus diambil untuk menjaga akun online mereka, serta menerima notifikasi bila informasi diri mereka bocor,”

Berikut cara kerja Firefox Monitor untuk melindungi keamanan online pengguna:

  • Melakukan pencarian dasar
    Firefox Monitor akan mencari informasi apakah alamat email pengguna termasuk dalam kebocoran data secara publik dari tahun 2007. Pencarian dasar ini akan memunculkan sebagian besar kebocoran data, tetapi bukan yang berisikan informasi pribadi yang sensitif.
  • Mendaftar untuk memantau kebocoran data
    Pengguna dapat membuat Firefox Account untuk memantau email mereka jika ada kebocoran data. Setelah pengguna memverifikasi surel, mereka akan menerima laporan lengkap kebocoran data terdahulu, termasuk kebocoran data yang sensitif.
  • Menerima notifikasi di browser
    Ketika pengguna memakai Firefox, mereka akan menerima notifikasi keamanan jika mereka mengunjungi situs yang telah bocor. Pengguna dapat mengetahui dengan segera jika data mereka bocor, serta apa yang dapat mereka lakukan untuk mengamankannya.

Dengan demikian, pengguna dapat memeriksa apakah akun Tokopedia mereka telah mengalami kebocoran dan informasi apa saja yang bocor. Pengguna tidak perlu khawatir apakah informasi pribadi mereka disalahgunakan, karena Mozilla tidak memerlukan kata sandi pengguna. Hal ini memungkinkan setiap data menjadi anonim ketika informasi mengenai data yang bocor dikirimkan ke pengguna.

Jika akun pengguna diinformasikan sebagai bocor, pengguna masih dapat menyelamatkan akun mereka dari masalah keamanan. Berikut beberapa rekomendasi dari Mozilla untuk menjaga keamanan akun Anda.

1. Ketahui rincian tentang kebocoran data tersebut
Ketahui data apa saja yang bocor dari akun Anda. Langkah yang diambil selanjutnya tergantung dari informasi apa yang harus dilindungi oleh pengguna.

2. Ubah kata sandi
Kunci akun anda dengan kata sandi baru. Jika Anda tidak dapat masuk, ketahui cara untuk mengembalikan atau menutup akun Anda. Anda menemukan akun yang tidak dikenali? Situs tersebut mungkin telah mengganti nama Anda atau seseorang mungkin telah membuat akun baru dari akun lama Anda.

3. Jika Anda menggunakan kata sandi yang sama untuk akun lainnya, ubah juga kata sandi tersebut
Anda disarankan untuk membuat kata sandi yang berbeda untuk setiap situs web, terutama untuk akun keuangan, akun surel, dan situs web lainnya dimana Anda menyimpan informasi pribadi.

4. Ambil langkah lebih serius jika data keuanganmu bocor
Jika rekening atau nomor kartu kreditmu bocor, informasikan hal tersebut ke bank untuk menghindari kemungkinan penipuan. Selalu cek riwayat transaksi untuk mengawasi pengeluaran yang tidak Anda kenali.

Terlepas dari Anda pernah atau tidak mengalami kebocoran data, Anda tetap harus sadar dengan privasi online. Ayo cek Firefox Monitor dan daftarkan diri Anda, hal ini untuk mempersiapkan diri jika kebocoran data terjadi lagi. Selalu jaga keamanan diri dan datamu!(Rls/Red)

Baca Juga
Tinggalkan komen