Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

10 Referensi Jurusan Kuliah yang Paling Diminati

Jurusan Kuliah

Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru di setiap jurusan kuliah telah berjalan selama dua bulan. Untuk jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023, telah terlaksana dan pengumuman hasilnya akan keluar pada tanggal 28 Maret 2023 mendatang.

Selain SNBP yang telah terlaksana, UTBK-SNBT juga sudah dimulai sejak 16 Februari 2023 kemarin untuk registrasi siswa. Proses pendaftaran akan dibuka 23 Maret 2023 – 14 April 2023. Untuk pelaksanakan tes UTBK gelombang 1 dilakukan pada tanggal 08 – 14 mei 2023 dan gelombang 2 pada tanggal 22-28 mei 2023.

Tentunya untuk menghadapi seleksi masuk Perguruan Tinggi ini banyak sekali persipan yang telah dilakukan oleh siswa siswi semester akhir sekolah menengah. Salah satunya mengenai jurusan apa yang akan mereka pilih untuk melanjutkan studi.

Banyak sekali referensi jurusan keren di era sekarang ini. Akan tetapi masih banyak dari mereka yang bimbang untuk Β memilih jurusan tersebut. Agar tidak salah Langkah dalam memilih jurusan para siswa ini membutuhkan referensi yang baik agar mereka dapat memilih dengan benar.

Berikut 10 jurusan paling diminati secara global yang dicatat oleh QS TOP UNIVERSITIES. Jursan yang paling diminati ini diketahui telah banyak dilirik oleh lulusan Sekolah Menengah Atas saat akan meneruskan Pendidikan mereka di Perguruan Tinggi.

  1. Kedokteran

Peringkat pertama untuk jurusan kuliah paling diminati dipegang oleh jurusan kedokteran. Hal ini tentu saja tidak mengejutkan karena bidang ini terbilang cukup stabil dan permintaan untuk tenaga medis cukup banyak di Indonesia. Bagi kamu yang ingin memilih jurusan kuliah ini tentu harus mempersiapkan diri dengan baik karena persaingannya sangat ketat. Kemudian jangan lupa juga untuk memilih Universitas yang memiliki jurusan kedokteran yang berkualitas dan memiliki daya saing.

  1. Ilmu Komputer

Jurusan kuliah yang paling diminati satu ini menempati posisi kedua setelah jurusan kedokteran. Tentu saja, karena perkembangan teknologi komputer saat ini cukup pesat sehingga banyak orang yang memiliki kemampuan komputer sangat dicari. Yang membuat jurusan kuliah ini menjadi pilihan, lulusan dari jurusan komputer berkesempatan memperoleh pekerjaan dengan bayaran yang tinggi, dimanapun itu baik didalam Negeri maupun luar Negeri.

  1. Hukum

Seperti halnya jurusan kuliah kedokteran yang paling diminati, jurusan yang satu ini merupakan salah satu subjek yang menerima banyak permintaan lulusan baru yang memiliki reputasi bagus. Namun tentu saja, untuk sukses di bidang hukum tidak boleh asal memilih Universitas yang menawarkan jurusan hukum. Namun perlu pertimbangan yang matang dalam menentukan pilihan yang berkualitas.

  1. Ekonomi

Untuk jurusan non-eksakta, Ekonomi menduduki peringkat kedua setelah hukum. Meski lulusan yang berasal dari bidang ekonomi cukup banyak, permintaan perusahaan tetap tinggi. Tujuan orang yang memilih jurusan kuliah paling diminati ini tentu saja agar mudah mendapatkan pekerjaan setelah selesai melanjutkan pendidikan tinggi kelak.

  1. Teknik Mesin

Jurusan yang satu ini juga tak kalah banyak dilirik oleh anak-anak yang baru saja lulus SMA karena menawarkan pekerjaan dengan honor yang cukup tinggi. Meski persaingan untuk masuk ke jurusan ini terbilang sulit, tapi minat untuk masuk jurusan kuliah paling diminati ini tetap saja tinggi. Untuk itu, bagi yang berminat bisa menyiapkan diri saat ini.

  1. Psikologi

Selain jurusan kedokteran, ada satu jurusan yang tidak berbeda jauh yaitu jurusan Psikologi. Jurusan kuliah paling diminati ini selalu masuk dalam 10 jurusan terpopuler di Inggris dan bahkan di dunia. Hal ini terbukti dengan banyaknya minat anak-anak yang lulus SMA memilih jurusan Psikologi sebagai pendidikan lanjutan setelah selesai di Sekolah Menengah Atas.

  1. Teknik Elektro

Untuk bidang jurusan teknik, jurusan teknik elektro menjadi jurusan kedua yang paling banyak diminati setelah jurusan teknik mesin. Jurusan ini terbilang unik karena menawarkan lahan kerja yang sangat disukai anak-anak masa kini yang senang dengan teknologi atau gadget. Tidak heran jurusan ini mampu masuk dalam daftar 10 besar jurusan kuliah yang paling diminati.

  1. Matematika

Jurusan selanjutnya yang populer adalah matematika. Meski ilmu ini adalah ilmu dasar, permintaan akan ahli Matematika saat ini tetap saja tinggi. Pasalnya, ahli Matematika saat ini memiliki lahan kerja yang sangat luas dibandingkan jurusan lain. Meski dibutuhkan kemampuan dalam ketelitian dan kesabaran, namun tetap saja banyak yang memilih jurusan kuliah paling diminati yang satu ini.

  1. Fisika

Tidak berbeda jauh dengan jurusan Matematika yang penuh dengan perhitungan, jurusan Fisika juga banyak diminati. Uniknya, minat di jurusan Fisika ini meningkat karena banyaknya film bertema Science seperti β€œThe Big Bang Theory” yang membuat anak-anak muda berubah pikiran bahwa menjadi ilmuwan ternyata keren.

  1. Geografi/Geosains

Jurusan kuliah paling diminati yang terakhir ini baru-baru saja banyak diminati yaitu jurusan Geografi/Geosains. Mempelajari ilmu ini banyak dibilang orang membosankan, akan tetapi karena banyaknya permintaan terhadap ahli Geografi dan Geosains maka jurusan ini menjadi satu yang diminati.

Baca Juga
Tinggalkan komen