Bengkulu News #KitoNian

Pilgub Bengkulu 2020, Kolaborasi Semaku-Rejang Patut Diperhitungkan

DR Panji Suminar

Bengkulu – Dosen Pasca Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Bengkulu, Panji Suminar mengatakan secara etnis kolaborasi pasangan calon dari Semaku (Seluma, Manna, Kaur) dan Rejang pada Pilgub 2020, merupakan pasangan yang kuat.

Dia menilai etnis Semaku-Rejang sangat mempengaruhi kekuatan pasangan Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub). Namun, tidak melupakan etnis-etnis lain yang juga berpengaruh.

“Tidak hanya Rejang, Semaku, Jawa saja seperti Lembak dan Minang juga merupakan basis potensial. Tapi etnisitas Rejang, Semaku lebih dominan di Provinsi Bengkulu ini,” ujar Panji, Rabu (18/9/19).

Ditanya soal petahana Rohidin Mersyah bakal berpasangan dengan Imron Rosyadi, panji menyebut secara politis memang tidak begitu menguntungkan, karena mereka berasal dari satu partai yang sama yakni Golkar.

Alasannya, kata Panji, jika makin banyak berkoalisi dengan partai lain, maka makin banyak mesin politik yang bergerak.

“Saya rasa enggak mungkin terjadi. Kecuali ada hal-hal lain nantinya akan mempengaruhinya,” pungkasnya.

Ditambahkan Panji, begitu juga sebaliknya basis partai serta etnisitasnya bagus, tapi popularitasnya tidak bagus, maka juga tidak juga menguntungkan. Dia menyebut popularitas menentukan elektabilitas calon bagus atau tidak.

“Bila figur tidak cukup dikenal percuma saja. Tentunya memilih figur yang dikenal yakni figur dengan popularitas baik dan bagus. Calon tersebut pasti memiliki elektabilitas yang baik juga,” jelasnya.

Selain itu, kepuasan masyarakat terhadap kinerja petahana dan seorang figur yang pernah menjadi Kepala Daerah juga menjadi salah satu tolak ukur.

Apakah masyarakat saat ini telah puas dengan program yang dijalankan petahana dan bakal calon yang pernah menjadi kepala daerah seperti Imron Rosyadi, Rosjonsyah, Muslihan mungkin juga Fery Ramli.

“Namun, dari sisi etnisitas, saya rasa mereka layak diperhitungkan,” pungkasmya.

Sedangkan untuk melihat tolak ukur elektabilitas serta rasa kepuasan masyarakat perlu dilakukan survei independen. Dengan demikian, akan menemukan angka persentasi elektabilitas serta kepuasan masyarakat terhadap bakal calon atau calon yang akan maju.

“Apa benar elektabilitas serta masyarakat puas dengan kinerja petahana baik Gubernur Rohidin, Bupati Lebong Rosjonsyah dan Bupati Bengkulu Tengah Fery Ramli yang saat ini masih menjabat Kepala Daerah,” imbuhnya.

“Termasuk juga rasa kepuasan masyarakat terhadap kinerja Imron Rosyadi dan Muslihan yang sebelumnya pernah menjabat Bupati Bengkulu Utara 2 periode,” demikian Panji.

Reporter : Yudi Arisandi

Baca Juga
Tinggalkan komen