Usaha Buket Wisuda, Cara Cari Untung Sambil Kuliah

Usaha Buket Wisuda, Cara Cari Untung Sambil Kuliah

Pernah pernih wisuda. Foto, Cindy/BN

BENGKULU – Buket hadiah saat ini sedang trend dikalangan anak muda, terutama mahasiswa yang telah usai menjalankan ujian sidang skripsi maupun wisuda.

Pemberian buket bunga biasanya dari sesama teman atau keluarga, sebagai bentuk apresiasi atas usaha yang selama ini dilakukan. Selain itu buket berupa bunga digunakan untuk memberikan hadiah pada orang yang kita sayang, di hari spesial.

Deni Saputra, mahasiswa semester akhir ini menuturkan sudah memulai usahanya sejak bulan Mei 2022. Melihat teman-temannya yang sudah wisuda, membuka peluang baginya untuk berjualan buket hadiah. Mencoba peruntungan dengan membuat buket bermodalkan uang Rp200 ribu, Ia memulai usahanya.

“Saya coba dulu dari kecil, dari pada kita buka nanti tidak ada yang beli. Mulainya itu masih tinggal di kos belakang,” kata Deni pada Bengkulunews.co.id Senin (28/11/22) siang.

Dalam merintis usaha ada beberapa kendala yang dirasakan, seperti pembagian waktu usaha dan kuliah. Mengingat saat ini Ia tengah fokus dalam menyusun skripsinya.

“Kitakan tidak bisa terlalu fokus sama usaha ya, soalnya sambil kuliah. Jadi pas hari guru itu banyak yang tanya kenapa tutup, saya jawab kuliahkan lagi konsul sama dosen. Karena itu tidak bisa keterima semua pesenan,” sambunya.

Buket hadiah yang dijualnya beraneka ragam, mulai dari bunga, makanan, boneka, uang dan lainnya. Harganyapun mulai dari Rp15 ribu hingga Rp150 ribu, tergantung permintaan dan budget konsumen.

Umur usahanya yang baru beranjak ini sudah dapat menghasilkan Rp2 juta tiap bulannya, terlebih jika musim wisuda. Deni berharap usahanya ini bisa semakin berkembang, sehingga dapat mempekerjakan orang.

“Kalau harapanya kita mau dikembangin lagi usahanya, karena sekarangkan belum bisa fokus. Jadi nanti sambil kerja, kita usaha sambil cari orng juga,” demikian Deni.

Penulis : Cindy

Baca Juga
Tinggalkan komen