Bengkulu News #KitoNian

Ujian Sekolah Penentu Kelulusan Siswa SMP Ditiadakan

BENGKULU – Penentuan kelulusan atau mengakhiri kegiatan belajar mengajar di sekolah pada tahun ini, tidak lagi melalui ujian sekolah (US) melainkan akan ditentukan melalui penilaian atau asesmen akhir semester enam.

Dengan asesmen tersebut, nilai rata-rata siswa dari semester pertama hingga semester enam akan digabung dan dijadikan nilai raport, kemudian juga akan dijadikan nilai ijazah siswa tersebut.

Kepala SMP Negeri 1 Kota Bengkulu, Mukhtarimin mengatakan, saat ini pihaknya telah siap untuk melakukan asesmen di lingkup sekolahnya dan akan dimulai pada tanggal 15 Mei mendatang.

“Saat ini proses mengakhiri kegiatan belajar siswa kelas 9 tahun ini ada perubahan ya yang sangat signifikan, yaitu tidak adanya ujian sekolah lagi. Kelulusan beracuan pada nila rata-rata enam semester. Kita sekarang sedang merancang asesmen akhir semester enam khusus kelas 9,” kata Kepala Sekolah SMPN 1 Kota Bengkulu, Senin (01/05/2023).

Ditambahkan Mukhtarimin, sebelum masa asesmen dimulai, pihaknya juga akan menyampaikan semua materi yang belum disampaikan kepada seluruh siswa.

Baca Juga
Tinggalkan komen