Logo

Tempo 3 Jam, Dua Tempat Dilalap Si Jago Merah

Rejang Lebong – Dua peristiwa kebakaran terjadi di Kota Curup dalam waktu 3 jam. Si jago merah melalap RSUD Curup dan rumah milik Sulaiman.

Pertama kali si jago merah Rabu (12/6/2019) sekitar pukul 22.31 WIB, melalap ruang sterilisasi alat medis RSUD Curup di Jalan Basuki Rahmat 10 Kelurahan Dwi Tunggal.

Diduga penyebab terjadinya kebakaran akibat konsleting pada mesin seling (packing) membuat mesin panas lantaran arus listrik yang selalu tersambung.

Kerugian pada peristiwa ini diperkirakan mencapai Rp30 juta. Barang yang hangus dilalap si jago merah diantaranya, 1 unit AC 2 PK, sekitar 20 stel baju operasi, box kertas steril, alat tenun baju dan sejumlah peralatan kantor lainnya.

Kepala Bidang Pelayanan RSUD Curup mengatakan bahwa sejauh ini pelayanan medis tidak terganggu. Ruangan yang terbakar langsung diperbaiki.

“Sempat menimbulkan kepanikan pada pasien, akan tetapi petugas bergerak cepat menenangkan pasien hingga kembali tenang,” ungkap Sopian.

Tak lama kemudian, berjarak tiga jam setelah peristiwa itu sekitar pukul 01.31 Kamis (13/6/2019), si jago merah kembali mengamuk. Satu unit rumah non permanen dan 2 motor milik Sulaiman di Jalan Setia Guna, Kelurahan Sidorejo lulu lantah hangus terbakar. Kerugian diperkirakan mencapai Rp.100 juta, beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Salah seorang saksi mata, Mega, mengatakan pemilik rumah sedang mudik lebaran di Padang Sumatera Barat. Pemilik menitipkan rumahnya kepada dua orang tetangganya.

“Pemilik rumah dan keluarganya saat ini masih berada di Padang, untuk mudik lebaran. Pada saat kejadian rumah dititipkan dan ditinggali oleh dua orang tetangganya yaitu Sumiati dan Sari,” kata saksi mata Mega.

Mega menuturkan awal terjadinya kebakaran api tampak dari bagian belakang rumah (dapur) dan dengan cepat menyebar ke bagian tengah dan depan. Warga sekitar pun langsung berupaya memadamkan api. Namun, lantaran api begitu cepat menyebar dan membesar sehingga rumah tidak dapat diselamatkan.

“Saat itu saya sedang tidur dan mencium asap terbakar, ketika melihat keluar terlihat api sudah besar dibelakang rumah korban,” tutup Mega.

Reporter : Dedi Rasyid
Penulis : Dedi Rasyid