Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Target Penggunaan Identitas Kependudukan Digital Kota Bengkulu Belum Tercapai

e-Ktp. Dok,BN

BENGKULU – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu terus meningkatkan penggunaan Identitas Kependudukan Digital atau IKD bagi kalangan masyarakat di Kota Bengkulu.

Kepala Dukcapil Kota Bengkulu, Widodo menuturkan hingga saat ini ada sebanyak 19,79 persen masyarakat kota Bengkulu yang sudah menggunakan IKD dengan target Nasional 25 persen.

“Artinya ada sekitar 6 persen lagi target kita, kurang lebih ada 3.000an orang lagi,” katanya saat diwawancarai Bengkulunews.co.id, Kamis (14/12/2023).

Penggunaaan Identitas Kependudukan Digital atau IKD ini memberikan kemudahan bagi masyarakat,dimana dalam satu aplikasi masyarakat sudah membawa dokumen kependudukan bahkan dokumen lainnya.

“IKD ini merupakan pengembangan dari KTP-EL dan penyederhanaan tersebut menjadi penghematan biaya, karena kita kan sudah masuk ke dalam era digitalisasi yang serba canggih, sehingga dapat mempermudahkan masyarakat,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan,untuk mengejar target IKD ini,pihaknya mengajak masyarakat yang datang ke Kantor Dinas Dukcapil Kota BengkuluΒ untuk mendowload aplikasi tersebut di smartphone serta saat perekaman KTP di sekolah pihaknya juga mengajak untuk melakukan pembuatan IKD.

“Disamping kita melakukan pembuatan IKD di kantor kita juga sambil mengajak guru-guru maupun para siswa yang sudah memiliki KTP untuk membuat IKD,” ungkapnya.

Sejauh ini,pihaknya masih menemui kendala terutama menyangkut bagi masyarakat yang belum memiliki smartphone,sehingga penggunaan Identitas Kependudukan Digital atau IKD di Kota Bengkulu belum bisa mencapai target.

“Kesulitanya itu bisanya dari masyarakat yang tidak memilihi smartphone serta tiadak adanya kuota dalam mendownload aplikasi tersebut,” ujarnya.

Namun, Dukcapil terus mendorong masyarakat untuk menggunakan IKD, hal tersebut dilakukan agar Kota Bengkulu siap dalam pergeseran ke era digitalisasi. Dukcapil juga menghimbau jika warga yang ingin mengunakan IKD untuk segera mendatangi Dukcapil.Β 

Baca Juga
Tinggalkan komen