Logo

Tahun Ini Bakal Ada Perekrutan CPNS

bengkulunews.co.id – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) bakal membuka seleksi calon pegawai negeri sipil pada tahun 2016 ini. Meski demikian, ada sejumlah koreksi atas usulan formasi yang diajukan. Ini disebabkan usulan melalui e-formasi untuk tambahan CPNS 2016, 50 persennya untuk jabatan administrasi. Hal ini tak sesuai dengan kebijakan pemerintah.

Deputi SDM Aparatur Kementerian PANRB Setiawan Wangsaatmadja menegaskan, kebijakan pemerintah saat ini, pengadaan CPNS baru hanya untuk mendukung program Nawacita. Hal itu disampaikan dalam rapat dengan para Sekjen/Sesmen/Sestama 18 kementerian/lembaga di Jakarta.

“Rekruitmen CPNS tahun ini diarahkan untuk mendukung program Nawacita,” tegas Setiawan, Selasa 26 April 2016.

Empat kelompok SDM yang bakal direkrut tahun ini. Pertama yakni program wajib yang meliputi kesehatan, pendidikan (guru dan dosen) dan penanggulangan kemiskinan. Kedua yaitu program prioritas pembangunan meliputi infrastruktur, poros maritim, ketahanan energi dan ketahanan pangan. Ketiga adalah penegak hukum yang terdapat 36 jabatan. Terakhir SDM untuk program dukungan reformasi birokrasi meliputi 52 jabatan

Diungkapkan Setiaawan, untuk program prioritas pembangunan ketahanan pangan meliputi 20 jabatan. Deputi SDM itu menambahkan, SDM pada dukungan Nawacita adalah yang terpenting.

“Maka dari itu konsep SDM mulai sekarang harus sudah diperketat supaya arahnya betul. Bukan berarti kita mengunci formasi jabatan prioritas, tapi ini yang kita lakukan dalam dua tahun ini,” demikian jelas Setiawan. (122/hms MENPANRB)