Bengkulu #KitoNian

Siap-siap Buat Kurban Idul Adha, Kambing Tidak Diberi Makan Kangkung

Penulis : Cindy

Kambing yang disediakan untuk hari raya kurban. Foto, Cindy/BN

BENGKULU – Pengurus Lapak Kambing Barolah, Bambang (30) menjelaskan untuk pemeliharaan hewan qurban jelang Hari Raya Idul Adha pemberian pakan pada kambing berbeda.

Jika biasa kambing diberi pakan sayur kangkung, kini kambing diberi pakan hasil fermentasi yaitu campuran dari ampas tahu, dedak, serta solid.

“Dan masih pakai daun, cuma sudah difermentasi saja,” kata Bambang pada Bengkulunews.co.id Senin (30/05/22) siang.

Sedangkan untuk kesehatan hewan qurban, Ia mengaku tidak ada pengecekan khusus. Namun, biasanya dilihat langsung dari kondisi fisik hewan tersebut.

“Kita liat langsung dari fisik ya, kalau seumpama dia kurang makan, kita beri suntikkan. Bos langsung yang nyuntik seperti vitamin gitu,” sambunnya.

Bambang mengatakan untuk pemberian pakan tidak menentu. Pemberian pakan bisa berkali-kali dalam sehari, karena saat pakan habis maka akan diberikan lagi.

Bambang menambahkan rata-rata berat kambing yang dicari oleh masyarakat seberat 75kg, jenis kambing yang banyak peminatnya adalah jenis kambing Jawaranduh.

“Kita ada tiga jenis kambing, Kacang, Jawaranduh sama PE. Banyak dicari Jawaranduh, PE menang tinggi badan kurus, tapi harga tinggi. Kalau Jawaranduh itu, persilangan dari PE sama Kacang. Kacang dia kambing kecil,” jelas Bambang.

Ia mengatakan kambing untuk Qurban hasil ternak sendiri, bukan ambil dari daerah luar sehingga terjaga kesehatannya. Kini jumlah kambing yang ada kurang lebih 200 ekor.

“Untuk total sapi yang pasti sekarang ada 100ekor dan kambing saat ini ya kurang lebih 200 ekor,” demikian Bambang.

Baca Juga
Tinggalkan komen