Berita Nasional dan Lokal #KitoNian

Selain #dirumahaja, Kegiatan Faedah Ini Bantu Lawan Penyebaran COVID-19 Selama Ramadan

ANEKA RAGAM, bengkulunews.co.id – bulan Ramadan tahun ini terasa berbeda dengan adanya penyebaran wabah virus corona (COVID-19). Tak sedikit masyarakat yang harus beralih profesi berkat pandemi yang masih belum mereda hingga saat ini. Apabila sebagian besar masyarakat dihimbau untuk berada #dirumahaja sebagai upaya meminimalisir penyebaran COVID-19, para dokter dan perawat justru harus bekerja lebih keras berperang melawan COVID-19.

Sebagai pejuang di garis terdepan, tim medis harus berhadapan langsung dengan para pasien yang berpotensi maupun yang sudah terinfeksi. Bukanlah hal mudah untuk berjuang menyembuhkan pasien sambil menjaga kesehatan tubuh, terlebih ketika mereka menjalankan tugas saat berpuasa dan harus mengorbankan waktu bersama keluarga.

Memerangi COVID-19 adalah tanggung jawab semua orang. Meskipun tidak turun langsung untuk menangani COVID-19, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk berkontribusi pada masa pandemi seperti saat ini. Selain #dirumahaja, simak kegiatan berfaedah di bulan Ramadan berikut yang bisa kamu lakukan untuk berkontribusi tekan angka penyebaran di masa pandemi!

1. Pahami dan ubah cara pandang terhadap COVID-19

Tentu tidak ada orang yang ingin terkena COVID-19. Kekhawatiran yang berlebihan dapat membuatmu berpikir dan bertindak gegabah. Oleh karena itu, penting untuk memiliki pemahaman lebih dalam tentang COVID-19 seperti penyebab, gejala, tanda, penularan, pencegahan, dan pengobatannya. Dengan bekal pengetahuan yang lebih baik, kamu tentu akan lebih baik dalam bertindak dan kamu bahkan dapat membantu sesama dengan pengetahuanmu.

Jika kamu mendengar ada masyarakat yang dinyatakan positif atau kenal tim medis yang bekerja di rumah sakit rujukan, berperilaku positif dan memberikan dukungan seyogyanya harus dilakukan antar sesama. Jika kamu memiliki pengetahuan lebih banyak tentang COVID-19, kamu dapat mengetahui cara yang tepat untuk tetap menjaga hubungan baik dengan mereka. Hal yang perlu diingat adalah terinfeksi positif COVID-19 bukanlah aib.

2. Suarakan pesan positif diiringi doa

Tidak turun langsung ke lapangan bukan berarti tidak ada cara bagimu untuk ikut berpartisipasi dalam upaya menekan angka penyebaran COVID-19. Di bulan suci Ramadan ini, tidak ada salahnya jika kamu turut mendoakan para pasien dan tim medis yang sedang berperang melawan COVID-19. Kamu juga bisa menghimbau orang terdekatmu untuk tetap #dirumahaja, baik secara lisan maupun tulisan.

Memahami pentingnya dukungan sesama, platform pembuatan video pendek terkemuka Likee senantiasa melakukan inovasi, memperkenalkan fitur baru, dan menghadirkan kegiatan positif sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, salah satunya melalui kegiatan #DoaUntukPahlawan. Kegiatan ini bertujuan untuk mendoakan para pahlawan medis agar selalu terjaga dan mengajak penggunanya agar tetap #dirumahaja.

Kegiatan #DoaUntukPahlawan ini memperkenalkan fitur terbaru Likee bernama ‘Health Hero’. Melalui fitur ‘Health Hero’, para pengguna dapat memakai dan mengganti kostum layaknya tim medis secara virtual dengan melakukan gerakan sesuai instruksi. Untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini, pengguna hanya perlu membuka akun Likee dan mencari tagar #DoaUntukPahlawan. Menggunakan lagu yang diciptakan khusus untuk kegiatan ini, kegiatan #DoaUntukPahlawan memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi dalam memberikan dukungan kepada tim medis sekaligus mengapresiasi masyarakat yang berada #dirumahaja.

Hingga saat ini, kegiatan  #DoaUntukPahlawan telah mendapatkan empat juta views dan mengumpulkan sekitar delapan ribu fans di aplikasi Likee. Berikut adalah beberapa video dukungan pengguna Likee pada kegiatan #DoaUntukPahlawan:

https://likee.com/embed/video/myXiy6 

https://likee.com/embed/video/XZatbQ 

  1. Berikan dukungan terbaikmu

Dengan perubahan yang terjadi pada keseharian masyarakat, banyak masyarakat yang kehidupannya ikut berubah, terlebih mereka yang bekerja dengan mengandalkan kegiatan offline dan melibatkan banyak orang. Hal ini memicu peralihan profesi yang dilakukan untuk tetap mendapatkan penghasilan, salah satu kegiatan yang cukup populer adalah menjual makanan secara online.

Pada saat seperti ini, kamu bisa membantu mereka dengan membeli produk atau menawarkan produk dari orang-orang yang membutuhkan bantuanmu. Jika kamu lebih beruntung, kamu juga bisa mengunjungi situs yang menyediakan fasilitas untuk melakukan donasi kepada yang membutuhkan. Selain itu, kamu juga bisa menjadi relawan pada organisasi terkait sesuai dengan kemampuan dan ketertarikanmu. 

Keadaan saat ini tentu bukan hal yang diinginkan oleh siapa pun. Sudah sewajarnya masalah yang terjadi di masyarakat menjadi tanggung jawab semua pihak yang harus berpartisipasi melakukan bagiannya untuk melawan COVID-19. Selain #dirumahaja, ada banyak hal bermanfaat lainnya yang dapat kamu lakukan untuk mendukung sesama di masa pandemi ini. Bantuanmu bisa terasa kecil bagimu namun dapat sangat bermanfaat bagi orang lain, loh! (Red)

Baca Juga
Tinggalkan komen