Logo

Rohidin Mersyah : Budaya Kita Gotong Royong

Mukomuko – Gubernur Bengkulu DR H Rohidin Mersyah mengatakan gotong royong adalah nilai budaya Indonesia yang memiliki pesan moral sangat kuat. Maka itu, dia megajak seluruh masyarakat menjaga dan menerapkan warisan leluhur itu dalam bermasyarakat.

“Kegotong royongan itu nilai-nilai budaya kita. Ini yang harus kita jaga dan hidupkan kembali,” ujar Rohidin, saat meresmikan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XVI dan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-47 Tingkat Provinsi Bengkulu Tahun 2019, di Lapangan Desa Rami Mulya Kecamatan Air Rami, Kabupaten Mukomuko, Kamis (11/7/19).

Jika itu diterapkan dalam kehidupan, lanjut Rohidin, tentunya meringankan pekerjaan baik dalam lingkungan dan pembangunan daerah. Sebab dikerjakan bersama-sama dan penuh sinergi.

Secara  simbolis pencanangan ini dilakukan agar rasa kebersamaan itu kian tumbuh di masyarakat.

“Ini sengaja tuan rumahnya kita tentukan di kabupaten agar bagaimana semua rasa memiliki provinsi ini, sehingga semua kegiatan kita lakukan bersama-sama,” pungkasnya.

Selain itu, Rohidin juga menyebut kekuatan entitas keluarga harus dikedepankan. Difokuskan dan diimplementasikan dengan 10 program pokok PKK.

Sementara Bupati Mukomuko Choirul Huda mengaku bangga daerah yang ia pimpin dipilih menjadi tuan rumah pelaksanaan BBGRM.

Harapanya, masyarakat Bengkulu bersatu padu menuju Bengkulu berkemajuan.

“Sejarah telah terbukti dengan tekad dan persatuan serta gotong royong, segala sesuatu seberat apapun akan terasa ringan jika dilakukan bersama-sama,” kata Bupati.

Penulis : Soni Dewantara