Logo

Revolusi Mental, Wagub Inginkan PNS Profesional & Berjiwa Baru

bengkulunews.co.id – Wakil gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, inginkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) bekerja secara profesional. Artinya PNS haruslah berkompeten dalam bidang kerjanya, menguasai pola serta sistemnya. Peningkatan kapasitas PNS juga diharapkan mampu ditingkatkan dengan Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan yang dilaksanakan pada 13 April hingga 25 Mei 2016 yang dilaksanakan di Badan Diklat Provinsi Bengkulu.

Rohidin berpesan, jangan terkontaminasi kondisi aparatur saat ini dan menjadi jiwa baru bermental baru. Selain untuk peningkatan pelayanan publik, PNS saat ini hendaknya mengembalikan kepercayaan publik. Pasalnya, seperti disampaikan Gubernur beberapa waktu lampau, saat ini kesan yang tertanam di masyarakat tidak menguntungkan PNS Provinsi Bengkulu.

“Disiplin, profesional serta mendahulukan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi. Saya inginkan PNS sat ini berjiwa baru, bermental baru, berintegritas dan beretika,” ucapnya usai membuka Diklat Prajabatan CPNS Formasi Umum Golongan III angkatan III, IV dan V pada Rabu (13/4)

Reformasi birokrasi, lanjut Rohidin tentunya diikuti dengan perubahan mental aparatur. Selain inovasi layanan, etika PNS pun harus lebih dahulu diperbaiki sehingga masyarakat bisa merasa nyaman saat mebutuhkan layanan. Pada kantor instansi pemerintahan-pun, haruslah ada receptionis yang memahami ruang lingkup instansinya.

“Kalau ada masyarakat masuk kantor jadi ‘clingak-clinguk’ kantor sepi, dan kebingungan harus dengan siapa dia bertanya. Kondisi seperti ini harus kira ubah. Kenapa saya sampaikan ini, karena saya ingin ada perubahan kinerja di aparatur sipil dan merubah kebiasaan buruk yang terjadi di instansi pemerintah,” tegas wagub Rohidin. (SDD)