Resmi!! Tanggal 12 Januari Masuk Tol Bengkulu Harus Bayar

Resmi!! Tanggal 12 Januari Masuk Tol Bengkulu Harus Bayar

Tol Bengkulu-Taba Penanjung. Foto, hutamakarya

BENGKULU – Tol Bengkulu – Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah mulai memberlakukan tarif pembayaran. Kebijakan ini mulai diberlakukan Kamis 12 Januari 2023, pukul 00.00 WIB.

Pengoperasian ini diperjelas dengan adanya Surat Keputasan (SK) Mentari PUPR Nomor 1482/KPTS/M/2022, tentang penetapan tarif jalan Tol Bengkulu – Taba Penanjung dan Badan Pengatur Jalan Nomor BM.07.02-P/956, tentang Pengoperasian Jalan Tol Lubuk Linggau-Curup-Bengkulu.

Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro mengatakan, Hutama Karya telah mengoperasikan tanpa tarif selama satu bulan. Menyusul sosialisasi secara masif sejak tanggal 23 Desember 2022 lalu.

“Mengingat ini merupakan tol perdana di Bengkulu, kami mengimbau agar pengguna jalan memastikan kecukupan saldo uang elektronik sebelum melintasi jalan tol untuk menghindari penumpukan antrian di gerbang tol,” ujar Koentjoro dikutip dari laman resmi PT Hutama Karya.

Pada Kamis (05/01/23) kemarin Koentjoro juga menjelaskan, telah melakukan Focus Group Discussion (FGD) Bersama dengan para Stakeholder, Regulator dan akademisi terkait penetapan tarif tol Bengkulu – Taba Penanjung.

“Jalan tol ini merupakan investasi sehingga pemberlakuan tarif ini dilakukan sebagai pengembalian investasi, pemeliharaan dan pengembangan jalan tol yang dioperasikan,” tutup Koentjoro.

Berdasarkan SK Mentri PUPR terkait dengan penetapan tarif tol tersebut, berikut besarannya :

Bengkulu – Taba Penanjung / Taba Penanjung – Bengkulu :
– Gol I : Rp 22.000
– Gol II & III : Rp 33.000
– Gol IV & V : Rp 44.000

Untuk kondisi terkini jalan tol, PT Hutama karya mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, salah satunya dengan menggunakan satu kartu Uang Elektronik (UE) hanya untuk satu kendaraan serta memastikan kecukupan saldo UE sebelum memasuki gerbang tol.

Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya dimana terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan Top up saldo UE.

Selain itu PT Hutama Karya juga terus menghimbau kepada pengguna jalan tol untuk berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

Apabila pengguna jalan tol mengalami atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol maupun rest area agar segera melapor ke Call Centre masing-masing Cabang Tol.

Baca Juga
Tinggalkan komen