Bengkulu News #KitoNian

Rejang Lebong Dapat 3.240 Vaksin Covid-19

REJANG LEBONG – Sebanyak 3.240 vial vaksin Covid-19 (Sinovac) PT. Bio Farma dari Dinkes Provinsi Bengkulu untuk 1.604 orang telah tiba di gudang farmasi Dinkes Rejang Lebong, Selasa (26/01/2020).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Syamsir, vaksin akan langsung didistribusikan ke Puskesmas dan RSUD Curup, tetapi vaksinasi akan dimulai setelah launching pada 1 Februari 2021 di Puskesmas Curup.

“Saat launching akan dilakukan vaksinasi perdana pada kepala daerah, Muspida, kepala OPD hingga tokoh masyarakat. Vaksinasi akan diutamakan pada tenaga kesehatan, selanjutnya TNI/Polri dan masyarakat,” katanya.

Pihaknya sendiri telah menyiapkan tim vaksinasi dan gudang penyimpanan vaksin. Sebelum divaksin akan dilakukan screning dahulu karena tidak semua orang dapat diberikan, seperti usia 18 sd 59 tahun serta tidak memiliki penyakit tertentu.

Pelayanan pemberian vaksin akan dilakukan di tempat fasilitas kesehatan seperti RSUD Curup, kemudian 21 puskesmas, 44 puskesmas pembantu, 44 Poskesdes dan 213 Posyandu yang tersebar dalam 15 kecamatan. Dengan melibatkan 1.285 orang kader kesehatan yang ada di 156 desa dan kelurahan dalam 15 kecamatan.

“Sebelum divaksin akan discrening terlebih dahulu, untuk mengetahui riwayat kesehatan. Penerima akan divaksin dua kali, dengan jarak 14 hari setelah vaksinasi pertama,” tutupnya.

Penulis: Deni

 

Baca Juga
Tinggalkan komen