Logo

Ratusan Personel Gabungan Disiagakan untuk Amankan Lebaran di Rejang Lebong

Rejang Lebong – Operasi Ketupat Nala 2019 di Kabupaten Rejang Lebong melibatkan 320 orang personel yang berasal dari berbagai unsur institusi terkait, dalam rangka mengamankan Idul Fitri 1440 Hijriah.

Hal itu diungkapkan Kapolres Rejang Lebong AKBP Jeki Rahmat Mustika disela-sela kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Nala 2019, di Mapolres Rejang Lebong, Selasa (28/5/2019).

“Diantaranya ada TNI, PMI, Dishub, Pramuka, Dinas Kesehatan, Puskesmas, BPBD, Brimob. Mereka akan bertugas selama 13 hari kedepan,” katanya.

Operasi dimaksudkan guna memberikan rasa aman pada masyarakat dalam melaksanakan kegiatan Idul Fitri dan liburan cuti bersama.

Jeki juga mengatakan bahwa terdapat potensi kemacetan lalu-lintas, diperkirakan akan terjadi di tempat-tempat pariwisata, terutama kawasan Danau Mas Harun Bastari (DMHB) dan pemandian Air Panas Suban, tetapi sudah diantisipasi dengan pembuatan kantong-kantong parkir baru.

Polres Rejang Lebong juga telah mendirikan 6 pos, yaitu 2 pos pelayanan dan 4 pos pengamanan. Pos pelayanan berada di Komplek DMHB dan pemandian Suban Air Panas.

Sementara, Pospam berada di sepanjang Jalan Lintas Curup-Lubuklinggau, yakni di Desa Tanjung Aur, Kecamatan Sindang Kelingi, Desa Simpang Beliti Kec. Binduriang dan Pospol kontainer di desa Taba Padang dan di Pasar Bang Mego Curup.

“Malam nanti semua anggota sudah bergeser menempati pos yang telah ditentukan,” tambah Kapolres.

Disampinh itu, Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi menyebut pemerintah saat ini juga tengah mengerjakan perbaikan jalan guna memberikan rasa aman bagi pengendara.

“Saya lihat jalan nasional dan provinsi juga tengah diperbaiki. Jika memungkinkan, walupun bukan kewenangan pemerintah daerah akan kita perbaiki, guna kenyamanan mudik,” tutur Bupati.

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Nala 2019, dengan inspektur upacara Kapolres Rejang Lebong, AKBP Jeki Rahmat Mustika, dihadiri oleh Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi, Ketua DPRD M Ali, Dandim 0409/RL Letkol Kav. Budi Wirman, para kepala OPD, perwakilan instansi vertikal.

Peserta upacara masing-masing satu pleton berasal dari anggota Polres Rejang Lebong, Kodim 0409/RL, Satpol PP, Dishub, PMI Curup, Pramuka, Dinkes, Tagana, Bankom Polri berlangsung dengan aman dan tertib.

Penulis : Dedi Rasyid