Logo

Ratusan Hektare Cagar Alam Diduga Dirambah

Camat Air Periukan Kabupaten Seluma, Bahmada Rustam

SELUMA, bengkulunews.co.id – Camat Air Periukan Kabupaten Seluma, Bahmada Rustam menduga, kawasan cagar alam didaerahnya telah dirambah oleh warga dan perusahaan perkebunan. Sehingga saat ini telah berubah menjadi perkebunan kelapa sawit.

”Sebenarnya sepanjang garis pantai mulai dari Kecamatan Air Periukan, Seluma Selatan, Pasar Seluma hingga Talo itu adalah kawasan cagar alam, tapi saat ini kondisinya telah berubah menjadi perkebunan kelapa sawit,” kata Bahmada, Sabtu (17/6/2017).

Ia juga menduga, kejadian ini sudah berlangsung puluhan tahun, karena pohon kelapa sawit sudah tumbuh besar.

Bahmada menyesalkan, pihak terkait tidak mengambil tindakan tegas mencegah perusakan, kawasan cagar alam tersebut malah terkesan membiarkan.

”Tetapi giliran warga Desa Kungkai Baru, yang hanya mengelola kawasan cagar alam beberapa hektare saja sudah diusik petugas BKSDA,” tambah Bahmada.

Padahal, sampai Bahmada, warga desa itu telah menjaga kelestarian kawasan, salah satunya dengan melakukan penanaman seribu pohon cemara agar tidak tergerus abrasi.

Dengan kondisi tersebut, petugas terkesan pilih kasih dan tidak berani menegur perusahaan perkebunan sawit besar di Kabupaten Seluma.

”Persoalan ini telah dilaporkan pada Watimpres yang berkunjung ke lokasi, diharapkan dalam waktu dekat sudah ada jawabannya,” tutup Bahmada.