Logo

Puluhan Hektar Sawah di Seluma Direndam Banjir

SELUMA, bengkulunews.co.id – Akibat intensitas hujan yang tinggi dari Senin kemarin, seluas 25 hektar sawah di hamparan Muara Bulan, Desa Air Latak, Kecamatan Seluma Barat terendam banjir.

Padahal sawah yang ditanami padi jenis IR 64 tersebut akan segera dipanen, dan bila dalam dua hari masih terendam akan mengurangi kualitas gabah.

“Jika sudah menjadi beras akan berwarna hitam dan rasanya juga tidak enak,” kata salah seorang petani, Kartini, Selasa (22/8/2017).

Hamparan yang dimiliki oleh tujuh orang petani setempat tersebut memang sering dilanda banjir, akibat saluran irigasi yang rendah sehingga jika hujan deras, air akan meluber ke persawahan.

Kejadian serupa juga pernah terjadi di tahun lalu, saat itu padi yang baru berumur seminggu hanyut terendam banjir. Sehingga petani harus kembali menanam ulang.

Sudah berkali-kali petani para petani melalui kelompok mengusulkan agar dinas terkait membantu meninggikan dinding aliran irigasi, tetapi hingga sekarang belum terlealisasi.

Hujan deras juga mengakibatkan Pustu dan rumah dinas bidan di Desa Pasar Seluma terendam banjir.

Beruntung banjir setinggi lutut orang dewasa itu tidak merendam obat-obatan, hanya satu unit kulkas milik bidan desa Mailan terendam.

Banjir yang disebabkan oleh buruknya saluran drainase pemukiman di daerah itu, ditambah lagi rumah warga yang rendah dari jalan desa.

“Rumah dua warga lainnya atas nama Herwan dan Zen Dahari juga terendam, tetapi hanya satu unit mesin air yeng terendam,” tutup Kades Pasar Seluma, Zainal Amirin.