Logo

Potensi Besar Tapi Produksi Rendah, Mukomuko Usulkan ‘Upgrade’ Alat Nelayan

bengkulunews.co.id – Laut Mukomuko, dianggap memiliki potensi perikanan tangkap yang besar. Namun hingga saat ini, kondisi keterbatasan nelayan belum bisa menjamah pemanfaatannya. Ini terlihat masih rendahnya produksi perikanan tangkap dibandingkan potensi yang ada.

“Ikan tangkapan nelayan sedikit karena kapal nelayan tak bisa menjangkau laut lebih jauh. Jenis alat tangkap yang kita miliki juga terbatas. Sehingga saat musim ikanpun, tangkapan nelayan masih rendah,” terang Rahmad Hidayat, Kabid Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko. Kamis 7 April 2016

Bobot kapal yang dimiliki nelayan saat ini, katanya masih dibawah 5 GT (Gross Tonase). Dengan bobot yang masih kecil, nelayan setempat hanya mampu menangkap di jalur satu saja.

Hal tersebut melatarbelakangi mengusulan peningkatan alat tangkap guna pembangunan bidang perikanan tangkap di Mukomuko. Tujuannya agar hasil tangkapan nelayan meningkat.

“Dalam perencanaan pembangunan bidang perikanan tangkap, kami mengusulkan pembelian beragam alat tangkap untuk nelayan agar hasil tangkapan meningkat,” ungkap Rahmad. Selanjutnya usulan tersebut akan disampaikan saat rapat dengan bupati hari Jumat (besok).   (ant.122)