Logo

Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Momentum Persatuan

BENGKULU – Pemerintah Provinsi Bengkulu menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di halaman kantor Gubernur Bengkulu, Minggu (28/10/2018). Dalam kesempatan ini, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengingatkan agar pemuda tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah pimpin Upacara Peringatan Sumpah Pemuda Ke-90 di Provinsi Bengkulu, di Halaman Kantor Gubernur Bengkulu.,.

“Jangan pernah mau terprovokasi, jangan pernah mau diadu-domba dan dipecah belah dari pihak manapun, karena kita ini Bhinneka Tunggal Ika. Berbeda boleh, memang itu keragaman Indonesia namun tetap satu. Satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa yaitu Indonesia, itu yang paling penting,” ungkap Rohidin Mersyah usai pimpin jalannya upacara.

Rohidin mengatakan, Peringatan Hari Sumpah Pemuda menjadi momentum untuk selalu membangun semangat kepemudaan, karena 28 Oktober itu menurutnya merupakan hari yang sangat bersejarah bagi pemuda Indonesia. Ia mengungkapkan, tantangan terberat pemuda saat ini ialah perpecahan.

“Saya kira ini menjadi pemotivasi semangat bagi kita sekalian bahwa pemuda Bengkulu bisa berkarya untuk negeri dan bisa aktif untuk membangun Bengkulu yang kita cintai ini,” pungkasnya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bengkulu, Meri Sasdi

Senada, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bengkulu, Meri Sasdi menjelaskan, pemuda di Bengkulu memiliki potensi yang mumpuni untuk bersaing baik di kancah nasional maupun internasional. Hanya saja, kata Medi, pembinaan terhadap pemuda harus tetap digalakkan.

“Dari 2017 sampai 2018 ini pemuda kita banyak sekali yang berprestasi. Tentu ini harus didorong terus,” ujar Meri.

Ia berharap, pembinaan pemuda tidak hanya dilakukan oleh Dispora saja, namun OPD lain juga bisa melakukan pembinaan. Ketika ini dilakukan secara bersama, tentu akan memberikan semangat untuk para muda.

“Tahun depan, kita tingkatkan lagi rewardnya. Karena pemuda ini adalah harapan bangsa,” tutupnya.

Upacara ini juga disertai dengan pembagian reward bagi pemuda yang berprestasi. Berikut para pemuda Berprestasi Provinsi Bengkulu tahun 2017/2018 yang mendapatkan Piagam Penghargaan dan Reward dari Pemda Provinsi Bengkulu:

1. Babogi Ikalawang, siswa SMAN 2 Kota Bengkulu, prestasi petugas Paskibraka Nasional sebagai Pembentang Bendera Merah Putih pada Upacara HUT RI di Istana Merdeka 17 Agustus 2018.

2. Jerni Rinova Panjaitan, Mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Bengkulu, prestasi Delegasi Indonesia pada Pertukaran Pemuda Indonesia-Singapura tahun 2017.

Reward pemuda berprestasi

3. Ella Deskomariatno, Mahasiswi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Bengkulu, prestasi Delegasi Indonesia pada Pertukaran Pemuda Indonesia-Korea tahun 2017.

4. Nita Oktaviani, Juara 1 Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Bengkulu Bidang Pangan dari Kabupaten Bengkulu Utara.

5. Zakia Sari Oktavia, Juara 1 Pemuda Pelopor Tingkat Provinsi Bengkulu Bidang Pendidikan dari Kabupaten Rejang Lebong.

6. Anggita Puput Pramugita, Siswi SMAN 1 Manna, Bengkulu Selatan, prestasi Paskibraka Nasional sebagai Petugas Pasukan 17, Upacara Kemerdekaan RI di Istana Merdeka 17 Agustus 2018. Adv