Logo

Pentingnya Peran Pemerintah dalam Memberikan Pendampingan pada Anak

BENGKULU – Direktur Yayasan Pusat Pendidikan Untuk Perempuan dan Anak (PUPA), Susi Handayani menjelaskan peranan pendamping pada pelaku kejahatan yaitu anak dibawah umur sangatlah penting.

Susi meminta agar hal tersebut menjadi perhatian bagi pihak pemerintah. Ia mengatakan pemerintah dapat memberikan bantuan, melalui anggaran terhadap UPTD PPA agar lembaga tersebut dapat memberikan pelayanan pendampingan terhadap pelaku yaitu anak dibawah umur.

“Di kota itu, setahu saya, cuma ada kepala OPTD. Terus staffnya, ada dua orang padahal, misnya ada banyak yang harus didampingi kasus anak. Kalau sudah seperti inikan, kita juga tidak bisa melimpahkan kesalahan. Karena, memang supportnya minimkan,” kata Susi pada Bengkulunews.co.id Rabu (15/06) Siang.

Menurutnya untuk staff perlindungan anak sendiri, harus memiliki sumber daya manusia yang cukup. Seperti lembaga perlindungan anak yang berdiri secara mandiri, mereka butuh SDM dan SDA dalam menjalankan tugas dan tanggang jawab tersebut.

“Tapi memang, harus ada orang yang khusus, diletakkan disana. Karena, bentuknya pelayanan,” sambungnya.

Lembaga yang berdiri secara mandiri, lanjut Susi, hanya bisa dapat membantu pelayanan dengan terbatas.

“Seperti kami, tidak mendapat bantuan negara. Jadi harus hidup mandiri, bagaimana yang bisa kita lakukan sesaui dengan kemampuan kita. Misalkan, kita mau kasih pendampingan keorang, butuh transportasi, ya kita harus ksh uang bensin atau trasnportnya,” demikian Susi.