Logo

Pentingnya Administrasi Kependudukan

Bengkulu Selatan – Kesadaran warga akan administrasi kependudukan (Adminduk) masih kurang. Biasanya, mereka baru mengurus setelah ada keperluan atau benturan dengan pelayanan publik lainnya.

“Kesadaran warga masih kurang, mereka baru akan butuh KTP, KK, akta kelahiran dan dokumen lain setelah berhadapan pada pelayanan publik,” kata Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dukcapil) Bengkulu Selatan, Gunawan Suryadi, Kamis (4/7/2019).

Gunawan mengakatan harus ada kesadaran bagi warga untuk mengurus administrasi kependudukan (adminduk) lebih awal, agar tidak menyulitkan petugas dalam melakukan pemutakhiran data sebagaimana program pemerintah.

“Sebab itulah terkadang muncul asumsi pelayanan yang lamban disini (Dinas Dukcapil). Padahal itu disebabkan keterbatasan SDM untuk melayani membludaknya pelayanan kepada masyarakat sehingha mereka menunggu atau antre,” terang Gunawan.

Tambah Gunawan, tak jarang pihak Dinas Dukcapil harus melibatkan para Kepala Bidang (Kabid) untuk membantu para petugas melayani masyarakat.

“Seperti baru – baru ini kita diserbu pelayanan legalisir dokumen adminduk untuk kebutuhan pendaftaran sekolah anak – anak. Petugas kewalahan sehingga libatkan pejabat bidang masing – masing,” terangnya.

Kedepan pihaknya akan meningkatkan sistem pelayanan berbasis digital dan online.

“Seperti ada mesin antre elektronik dan mesin digital informasi jalur pelayanan. Kami juga butuh gedung tempat simpan dokumen adminduk masyarakat yang terpisah dari gedung. Itu untuk peningkatan pelayanan,” pungkas Gunawan.

Penulis : TH. Tajarman