Logo

Penggunaan Anggaran Penanganan Covid-19 Diminta Transparan

REJANG LEBONG – Ketua DPRD Kabupaten Rejang Lebong, Mahdi Husen meminta pihak eksekutif untuk transparan dalam penggunaan anggaran penanganan Virus Corona Covid-19.

“Karena alokasi dana cukup besar, akan disayangkan jika dalam penggunaan tidak sesuai sasaran,” katanya, Kamis (09/04/2020).

Ditambahkanya, bahwa dana yang dialokasikan bgai penanganan Covid-19 sebesar Rp. 100.414.054.000, baru bersifat gelondongan dan belum diketahui rincianya.

Mahdi mengharapkan agar digunakan terlebih dahulu untuk pemenuhan dasar, seperti pembelian APD, masker hingga alat Rapid Tes. Tidak digunakan untuk kegiatan fisik.

Sedangkan menurut Bupati Rejang Lebong, Ahmad Hijazi, bahwa total anggaran telah disepakati Rp. 100,4 miliar yang diperuntukan bagi penanganan kesehatan Rp. 77 miliar untuk peningkatan ekonomi Rp. 17 miliar dan penyediaan jaring pengaman sosial Rp. 5 miliar.

Alokasi terbesar diperuntukan bagi pos penanganan kesehatan Rp. 77miliar diantaranya dialokasikan untuk persiapan ruang isolasi di RSUD Curup Dua Jalur dan RS PMI di Dataran Tapus Kecamatan Bermani Ulu Raya, pembelian APD lengkap.

Sementara anggaran untuk paska kejadian dialokasi sekitar 40 persen, diantaranya bagi yang terdampak secara sosial, seperti untuk pemberian bantuan kepada masyarakat dalam rangka peningkatan ekonomi, bantuan sosial langsung misalnya paket sembako.

Ketersediaan anggaran tersebut telah disampaikan Bupati Rejang Lebong saat memimpin rapat Percepatan Pencegahan Penyebaran Virus Corona Covid-19, yang diantara dihadiri Kepala Kajari Cony Tanggo Masdelima, Ketua DPRD Mahdi Husen, Dandim 0409/RL Letkol Inv Sigit Purwoko, Kapolres AKBP Dheny Budhiono, Sekda RA Dheny, Ketua PMI Hendra Wahyudiansyah dan para anggota Gugus Tugas.

“Dampak sosial ini peruntukannya pasca bencana dan kita menghitung UKM dan IKM yang terdampak, kita juga pisahkan antara masyarakat yang dapat PKH dari Dinas Sosial tidak termasuk karena mereka mendapatkan bantuan rutin setiap bulan,” tutupnya.

Penulis: Dedi R