Logo

Pengguna Media Sosial Pindah ke Aplikasi Thread, Apa Bedanya dengan Twitter?

BENGKULU – Media sosial saat ini tengah di hebohkan dengan peluncuran aplikasi baru Threads jebolan meta. Aplikasi pesaing Twitter ini resmi rilis pada Kamis, (6/7/23).

Aplikasi Threads sendiri muncul ketika Meta banyak dikritik, karena menggunakan data pribadi pengguna setianya. Oleh karena itu Meta mencoba untuk merilis sebuah aplikasi yang masih dibilang ‘versi awal’ dengan fitur tambahan yang memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan orang-orang di media sosial.

Threads lahir sebagai salah satu produk meta untuk bekerja dan mengambil yang terbaik dari Instagram, serta mengembangkannya menjadi teks.

Thread sendiri memiliki tampilan yang hampir sama dengan twitter. Aplikasi baru yang dirancang Instagram ini, membantu pengguna dalam berbagi pembaruan teks dan bergabung dalam percakapan publik.

Selain itu Thread memungkinkan pengguna untuk berbagi aktifitas maupun percakapan publik secara real-time. Sesama pengguna Thread bisa saling berbalas balasan atau merepost kembali percakapan milik teman.

Membuat akun Thread juga tidak susah, pengguna cukup menyautkan akun Instagram yang ada. Nantinya semua follower yang ada di instagram otomatis akar tersambung di Thread, tergantung apakah pengguna tetap ingin berteman atau tidak di aplikasi tersebut.

Hal menarik lainnya adalah pengguna dapat membagikan percakapan di Thread ke Story maupun post feed Instagram. Kemudian pengguna bisa melihat percakapan orang-orang yang tidak di-follow.

Perbedaan antara Threads dan Twitter yang terlihat jelas, antara lain :

  1. Threads memungkinkan pengguna untuk menuliskan teks hingga 500 karakter, berbeda dengan Twitter yang hanya 280 karakter.
  2. Threads tidak menampikan siapa saja followers pengguna kecuali mengklik profil dan melihat jumlah pengikut. Sedangkan pada Twitter profil langsung memamerkan jumlah followers dan following secara berdampingan.
  3. Threads dan Twitter bisa membagikan foto, video, teks, dan link. Sayangnya Threads belum mendukung format GIF yang sudah lama tersedia pada Twitter.
  4. Threads akan langsung memunculkan centang biru pada pengguna yang sudah terverifikasi di Instagram. Berbeda dengan Twitter yang wajib menjadi pelanggan Blue untuk mendapatkan centang biru.