Logo

Kenali WhatsApp Channel Fitur Terbaru dari Meta

WhatsApp selalu kembali memberikan suguhan baru bagi para pengguna, Akhir-akhir ini pengguna WhatsApp yang telah mengupdate ke versi 2.23.12.75 android dan 22.13.74 iOS, dapat menikmati fitur baru WA Channel.

Fitur jaringan atau Channel sendiri mirip dengan layanan siaran pribadi, pemgguna indivisdu maupun organisasi dapat mengirimkan pesan dan informasi pada pengikut yang terpisah dari jenis chat antar-pengguna di WhatsApp.

Fitur ini hampir sama dengan aplikasi Twitter, bedanya pengguna yang mengikuti Channel di WhatsApp tidak bisa menanggapi pesan seperti mekanisme ‘Reply’, ‘Like’, atau ‘RT’ seperti di Twitter. Tidak hanya itu di WhatsApp Channel, admin yang membuat akun bisa mengirim teks, foto, video, stiker, dan beberapa pendapat kepada pengikutnya.

Admin Channel juga tidak diberikan izin untuk menambahkan pengikut ke saluran mereka. Pengguna yang ingin mengikuti harus atas inisiatif sendiri. Adapun pesan yang tersiar di Channel akan tersimpan selama 30 hari sebelum dihapus otomatis oleh sistem.

Selain itu berbeda dari WA regualer, fitur Channel tidak menggunakan enkripsi end-to-end sehingga mereka dapat menjangkau khalayak luas. Kemudian pengguna WhatsApp dapat menemukan Channel yang ingin mereka ikuti.

Pengguna dapat mengakses Channel yang telah diikuti melalui tab “Pembaruan”. WhatsApp mengatakan tab itu akan terpisah dari obrolan reguler. Fitur ini masih dalam peluncuran dibeberapa negara dan akan meluas di akhir tahun nanti.