Logo

Pola Nusa: Polemik Pasar Panorama, Pemkot Harus Lebih Humanis

NusantaraTerkini.com – Poros Relawan Nusantara (Pola Nusa) Bengkulu menyayangkan sikap Pemerintah Kota Bengkulu yang terkesan menyalahkan pedagang Pasar Panorama Kota Bengkulu. Menurutnya, polemik berkepanjangan pedagang Pasar Panorama yang tak kunjung selesai harus mengedepankan sisi kemanusiaan dengan melakukan pendekatan yang lebih humanis.

“Pemerintah harus lebih humanis menyikapi polemik pedagang Pasar Panorama. Jangan pedagang yang disalah-salahkan, toh mereka berdagang untuk nyari makan yang halal untuk keluarga mereka, anak-anak mereka. Pemerintah harus menemukan solusi yang solutif, bukan gusar sini, gusur sana,” kata Ketua Pola Nusa Bengkulu Feri Sapran.

Feri menambahkan, hendaknya pemerintah mencontoh pemerintah di daerah lain. Dimana pemerintah tersebut tidak asal gusur, tapi memberikan solusi yang tidak mematikan perekonomian para pedagang. “Saya tegaskan, kalian pemerintah, kepala daerah, dipilih bukan untuk menggusur lapak-lapak rakyat. Tapi menjamin kesejahteraan rakyat,” tegas Feri.

Sebelumnya, polemik pedagang Pasar Panorama yang kerap digusur oleh Pemkot Bengkulu turut mengundang Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti turun langsung ke lapangan. Pada saat itu gubernur mengeluarkan 4 instruksi, Pertama, memerintahkan Satpol PP Provinsi Bengkulu untuk membantu pemkot melakukan penertiban pedagang kaki lima, Kedua, memerintahkan Kadisperindag membuat stimulan kegiatan yang memancing pembeli untuk bertransaksi di dalam Pasar Panorama.

Ketiga, Perbaikan infrastruktur harus segera dilaksanakan. Keempat, memberikan kenyamanan pada pembeli agar mau bertransaksi ke dalam pasar. Terakhir, perkembangan pasar ini akan terus dimonitor gubernur melalui Karo Perekonomian dan pemprov akan melepas dan mengembalikan seluruh pengelolaan Pasar Panorama setelah permasalahan dianggap selesai. (126)