Logo

Ombudsman dan Bengkulu News Sinergis Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Bengkulu bersama asisten dan para pimpinan Bengkulu News Group

bengkulunews.co.id – Bengkulu News Group yang terdiri dari Media Online bengkulunews.co.id dan Surat Kabar Mingguan (SKM) Bengkulu News melakukan kunjungan ke Kantor Ombudsman RI Perwakilan Bengkulu, Jumat (20/1). Kunjungan ini guna menjalin kerja sama untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Provinsi Bengkulu.

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Bengkulu, Herdy Puryanto, menyampaikan, dirinya sangat senang Bengkulu News dan Ombudsman nantinya bisa berjalan bersama dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Dengan adanya media partner penyampaian fungsi dan misi Ombudsman sebagai pengawas pelayanan publik secara cepat sampai ke masyarakat.

Dikatakannya, pelayanan publik di pemerintah daerah masih belum bagus. Kota Bengkulu pun masih berada di zona rendah.

Pada tahun 2015, empat pemerintah daerah berada di zona merah. Diantaranya, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu, Kabupaten Kepahiang dan Lebong.

“Bersyukur dengan pembinaan, tahun 2016 pelayanan publik Pemda Provinsi Bengkulu meningkat dan masuk pada zona hijau. Sedangkan yang lain di zona sedang, kecuali Kota Bengkulu masih pada zona rendah,” katanya.

Inilah yang menjadi PR bagi Ombudsman. Menginginkan pelayanan publik di Provinsi Bengkulu semuanya berada di zona hijau.

“Sebenarnya seluruh institusi baik di kota ataupun di kabupaten harus tahu dengan UU RI nomor 25 tahun 2009. Dimana salah satu isinya, bahwa negara berkewajiban melayani setiap warga negara dan penduduk untuk memenuhi hak dan kebutuhan dasarnya dalam kerangka pelayanan publik yang merupakan amanat UUD 45, ” terangnya.

Maka targetnya, selain menyelesaikan laporan yang telah masuk, dirinya bersama tim akan melakukan sosialisasi ke daerah. Menurutnya kota sudah cukup mengenal Ombudsman tetapi daerah belum.

“Di daerah, masih banyak institusi yang belum mengenal Ombudsman apalagi fungsinya. Malah kami disangka media Ombudsman,” ujarnya sembari tertawa.

Padahal, lanjut Herdy, sebagai penyelenggara pelayanan publik harus punya prinsip melayani. Jangan aparat yang minta dilayani.

Selain Kepala Ombudsman RI Perwakilan Bengkulu, Herdy Puryanto, bersama Asisten Ombudsman RI (Koordinator Pencegahan), Irsan Hidayat, Asisten Ombudsman RI (Koordinator Penyelesaian Laporan), Redho Berlian dan Asisten Ombudsman RI (koordinator Tim II), Ekawati Juni Astuti, kegiatan ini juga dihadiri General Manager SKM Bengkulu News, Erlan Oktriandi dan General Manager bengkulunews.co.id, K. Hady.(red3)