Logo

LSM LIPUTAN Gelar Aksi Saat Sidang DKPP Berlangsung

koordinator lapangan aksi, Rori menyampaikan orasi LSM Liputan

koordinator lapangan aksi, Rori menyampaikan orasi LSM Liputan

Koordinator lapangan aksi, Rori menyampaikan orasi LSM Liputan

KOTA BENGKULU, bengkulunews.co.id – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Liputan, Sabtu (1/4/2017) pagi menggelar aksi di depan kantor Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Bengkulu. Aksi ini beriringan dengan sidang perdana gugatan yang dilayangkan tim kuasa hukum M. Sabri atas pelanggaran Pilkada Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng).

Masa juga menuntut Panwaslu untuk bersikap jujur dan terbuka dalam menyelesaikan persoalan pelanggaran tahapan yang dilakukan okeh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Benteng.

“Ini menyangkut harkat dan martabat negeri ini. Kami tekankan kepada DKPP untuk mengadili seadil-adilnya, jangan ada kecurangan-kecurangan lagi,” tegas koordinator lapangan aksi, Rori dalam orasinya.

Masa mendesak DKPP memberikan sanksi pada KPU Benteng untuk mengulangi tahapan yang dilanggar, yakni tahapan pada tes narkoba pasangan calon yang dinilai tidak sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

“Minta kepada DKPP secara objektif dan transparan. Kami dari Liputan mendesak pada KPU Benteng untuk melakukan tes ulang pada tahapan tes Narkoba calon Bupati, karena itu melanggar,” sambungnya.

Menurut mereka tes narkoba yang hanya dilakukan dengan cek urine tidaklah dapat dijadikan dasar untuk menetapkan seorang calon bersih dari narkoba. Pasalnya, tes urine dapat diakali dalam waktu singkat, berbeda dengan tes darah ataupun rambut.

“Dengan minum susu saja tes urin bisa hilang, kami minta tes rambut atau tes darah,” pungkasnya.

Masa tidak meminta ditemui oleh anggota Panwaslu. Usai berorasi selama 1 jam, masa langsung membubarkan diri. Sementara itu, sidang tetap berlangsung tertib tanpa terganggu dengan kehadiran masa.

Baca juga : DKPP Gelar Sidang Perdana Dugaan Pelanggaran Pilkada Benteng