Logo

LPS Sebut Media Sebagai Mitra Strategis Penyalur Informasi

Bengkulu – Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS) menggelar Media Gathering dengan tema ” Peran dan Fungsi LPS Dalam Sistem Perbankan”. Agenda tersebut digelar di Hotel Santika Bengkulu, Ruang Bencoolen 3, Kamis (8/10/2019)

Sekretaris Lembaga Pimpinan Penjamin Simpanan (LPS), Muhamad Yusron mengatakan, media massa merupakan salah satu mitra strategis LPS yang memiliki peran dalam menyampaikan informasi sekaligus mengedukasi masyarakat yang dapat mendukung peran dan fungsi LPS.

“Media, dengan kebebasan yang dimilikinya, dan sebagai salah satu komponen utama di dalam masyarakat, juga memiliki peran sebagai agen perubahan yang efektif untuk menyampaikan pesan-pesan positif kepada masyarakat,” ujarnya.

Budi Joyo Santoso, Kepala Divisi Perhitungan dan Verifikasi Premi, Group Penanganan Premi Penjaminan LPS yang juga sebagai narasumber bersama Sekretaris Direktur Group Peraturan LPS mengatakan, LPS merupakan lembaga yang independen, berfungsi menjamin simpanan nasabah penyimpan dan turut aktif dalam memelihara stabilitas sistem perbankan sesuai dengan kewenangannya.

“LPS dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2004 tentang Lembaga Penjamin Simpanan sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2009 dan efektif beroperasi sejak 22 September 2005. Untuk informasi nasabah perbankan yang dijamin oleh LPS, tentunya ada kriteria-kriterianya. Jadi tidak semua nasabah diperbankan yang dijamin oleh LPS,” ujar Budi Joyo Santoso.

Ia juga mengatakan, untuk menjalankan fungsinya dalam menjamin simpanan nasabah penyimpan dan memelihara stabilitas sistem perbankan, salah satu langkah yang diperlukan adalah melakukan sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat khusunya di Provinsi Bengkulu, termasuk kepada media massa.

“Untuk kriteria simpanan layak bayar harus berdasarkan kriteria yakni, tercatat dalam bunga simpanan tidak melebihi bunga pinjaman. Kemudian tidak melakukan tindakan yang merugikan bank,” katanya.

Sedangkan Prof. Dr. Kamaludin, SE, MM, Dosen Keuangan dan Kepala Jurusan S3 UNIB mengatakan, dengan pertumbuhan perbankan yang saat ini pesat. Peran media dalam mensosialisasikan fungsi dan tugas LPS sangat penting. Apalagi saat ini, masih banyak masyarakat yang belum mengetahuinya.

“Di kalangan masyarakat masih banyak yang belum mengetahui kalau nasabah perbankan di jamin oleh LPS. Untuk itu, sangat penting dilakukannya sosialisasi. Saat ini yang mengetahui adanya jaminan LPS, masih dikalangan masyarakat menengah ke atas. Masyarakat bawah masih sangat awam dengan LPS ini,” ungkapnya.

Dia juga menyebutkan, peran media sebagai penyampai informasi yang terpercaya, sangat tepat untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Terutama informasi-informasi, terkait perbankan atau nasabah yang dijamin oleh LPS. Sangat efektif pula melalui masing-masing media yang bekerjasama dengan LPS.

Reporter : Yudi Arisandi